Sukses

Pesona Danau Sidihoni, Danau di Atas Danau

Danau Sidihoni disebut Danau di atas Danau karena letak Danau Sidihoni berada di atas Danau Toba yakni di atas Pulau Samosir itu sendiri.

Citizen6, Jakarta Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata Danau Toba atau Pulau Samosir? Pasti Anda akan memikirkan keindahan, keunikannya yang tersohor ke penjuru dunia. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan dunia datang ke kawasan Danau Toba untuk melihat atraksi alam, kearifan lokal, budaya dan suguhan pemandangannya yang luar biasa.

Tetapi siapa sangka di balik keindahannya yang begitu luar biasa masih terpendam keindahan yang begitu indah lagi. Hal yang sangat unik dan begitu mencekam di kalangan masyarakat setempat. Namanya adalah Danau Sidihoni. Masyarakat setempat menjulukinya sebagai "Danau di atas Danau". Disebut demikian karena letak Danau Sidihoni berada di atas Danau Toba yakni di atas Pulau Samosir itu sendiri. Danau ini berada di Kecamatan Ronggur Ni Huta yang berkontur perbukitan dan dataran tinggi.

Pemandangan di sekitar danau bisa dipantulkan oleh air danau. Dikelilingi oleh bukit landai berwarna hijau muda dan deretan pohon pinus, semakin menambah keindahan. Pada momen tertentu jika beruntung, Danau Sidihoni, dapat berubah warnanya. Oleh penduduk setempat kejadian ini sering diibaratkan dengan peristiwa di Indonesia.

Karena berada di dataran tinggi Danau Sidihoni menyuguhlan pemandangan alam yang sangat indah. Bentuk danaunya seperti mangkok. Pada sore hari di Danau Sidihoni menikmati sunset adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Warna jingga berpadu deng kontur alam dataran tinggi serta hawanya yangg sangat sejuk akan memanjai tubuh serasa menikmati pijatan alam.

Sayangnya, untuk menikmati keindahan ini butuh ekstra khusus, akses untuk ke Danau Sidihoni cukup sulit. Dari kota Medan dapat ditempuh dengan jalur darat selama enam jam. Kemudian menyebrang ke Pulau Samosir tiba di kota Pangururan dan melanjutkan perjalanan dengan kontur jalan berliku dan tanjakan di kecamatan Ronggur Ni Huta lokasi danau tersebut. Tapi sayangnya angkutan umum dan fasilitas umum serta penginan masih minim. Tetapi kedekatan dengan alam akan menemani Anda. Keintiman dengan alam akan Anda nikmati. Keindahannya akan mengalahkan segala kekurangnnya.

Jadi, tidak ada salahnya ketika anda berkunjujng ke Danau Toba, mampirlah dulu ke danau di atas danau atau Danau Sidihoni. (ule)

Pengirim:

March H.A Sitanggang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini