Sukses

Tumpeng Pelangi, Inovasi Panganan Ulang Tahun Untuk si Kecil

Daripada kita menyuguhkan kue atau panganan manis lainnya yang cukup berlemak dan belum tentu sehat, kita bisa membuat inovasi dari nasi dan

Citizen6, Jakarta Belum ada ide menu untuk si kecil  pada hari ulang tahun? Atau ingin mencoba inovasi panganan sehat untuk hari spesialnya? Yuk, Mencoba membuat Tumpeng Pelangi!!!

Mendengar kata tumpeng mungkin sudah terdengar sangat umum dan biasa khususnya jika untuk acara-acara besar seperti peresmian sesuatu atau ulang tahun. Anda juga pasti hafal dengan isi panganan tumpeng yang standar-standar saja. Untuk itu, Tyas Catering selaku perusahaan Catering yang berasal dari Jakarta, membuat panganan tumpeng yang tidak biasa yaitu Tumpeng pelangi.

Sebetulnya cara membuat tumpeng pelangi cukup simpel yaitu hanya membuat nasi menjadi berwarna warni bak pelangi. Tapi, bukan pewarna makanan yang ditambahkan dalam membuat nasi tersebut menjadi berwarna, tetapi tumbuhan yang mempunyai  kesan warna tertentu sehingga menimbulkan warna warni dalam nasi tumpeng tersebut. Tyas juga menambahkan bahwa pewarna alami yang ia pakai ini dijamin tidak akan berdampak buruk pada tubuh khususnya untuk si kecil.

Banyak sekali tanaman yang bisa kita pakai untuk dijadikan pewarna dalam tumpeng pelangi tersebut. Sebagai contoh, Tyas menggunakan buah bit dan Angkak untuk menjadikan nasi berwarna merah jambu, daun pandan untuk warna hijau, Ubi ungu untuk membuat nasi menjadi warna ungu, wortel untuk warna oranye, kunyit untuk warna kuning, dan bunga Telang untuk menjadikan warna nasi menjadi biru. Jika ingin menambah warna, anda juga bisa menggunakan tinta cumi yang sudah direbus dan di saring agar tidak berbau amis untuk menjadikan warna nasi menjadi abu kehitaman.

Cara membuatnyapun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda cukup membuat sari dari masing masing pewarna tersebut, lalu saat memasak nasi masukkanlah sari warna tersebut satu per satu lalu di tanak untuk menjadikan warna tersebut meresap ke dalam nasi. masukkan sereh dan juga daun salam dalam memasak nasi untuk membuat nasi tersebut menjadi lebih wangi. Setelah itu, anda cukup menyusun nasi yang sudah berwarna tersebut menjadi sebuah tumpeng serta ditambahkan side dish dari tumpeng itu sendiri sesuai selera anda atau si kecil.

Bagaimana, mudah bukan? Daripada kita menyuguhkan kue atau panganan manis lainnya yang cukup berlemak dan belum tentu sehat, kita bisa membuat inovasi dari nasi dan makanan sehari-hari kesukaan si kecil  yang sudah terjamin sehat dan indah dilihat serta juga menambah nafsu makan. Jadi, apa lagi yang kita tunggu? Mari memasak!!

Penulis:

Alysha Paxia Susilo,
Semarang, Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini