Sukses

6 Tips Membaca (e-)Buku Lebih Mengasyikan

Semua orang pasti tahu bahwa buku adalah jendela dunia.Bagaimana caranya agar kita biasa membacanya?

Citizen6, Jakarta Semua orang pasti tahu bahwa buku adalah jendela dunia, jadi dengan membaca kita dianggap dapat lebih mengenal dunia secara lebih dalam dan juga memperluas pengetahuan kita.

Pertanyaannya, bila Anda tahu bahwa membaca adalah kunci dari pengetahuan yang Anda dapat, mengapa masih banyak dari kita yang belum sadar untuk rajin membaca? Bagaimana Anda dapat membuat diri Anda nyaman dan secara tidak sadar suka membaca?

Nah, berikut tips agar Anda dapat tertarik membaca dan menjadikan kegiatan yang menyenangkan:

1. Dengarkanlah lagu yang tenang saat membaca, dengan menggunakan lagu yang tenang akan membantu kita untuk fokus dan mendalami apa yang kita baca sehingga apa yang kita bisa baca akan menempel di otak Anda.

2. Membacalah ditempat yang membuat Anda nyaman, bisa di mall, rumah, perpustakaan, ataupun di kampus. Karena kenyamanan orang berbeda-beda ada yang nyaman di tempat yang ramai ada yang perlu sendirian, selama Anda nyaman saya yakin Anda dapat membaca dengan baik.

3. Bacalah buku atau ebook yang benar-benar membuat Anda tertarik. Jika Anda ingin membiasakan diri membaca, buatlah diri Anda nyaman dulu dalam membaca, sepeti memilih buku yang memang Anda suka dan Anda benar-benar tertarik dengan buku tersebut sehingga Anda dapat melanjutkan membaca ke buku-buku yang lebih berat.

4. Bawalah stabillo dengan warna terang, dengan melakukan ini membuat Anda asik untuk menandai kalimat-kalimat penting atau kalimat-kalimat yang bagus untuk Anda ingat.

5. Selalu membuat review setiap selesai membaca, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting dalam bacaan yang Anda baca dan Anda dapat merasakan kegunaan dalam membaca itu sendiri sehingga membuat Anda lebih tertarik dalam membaca buku.

6. Sediakan teh atau minuman ringan dan makanan ringan yang tidak membuat kotor tangan Anda, dengan hal ini rasa lapar dan rasa haus tidak akan menganggu Anda dalam membaca. (ule)

Pengirim:

Ellysabeth Ratih Hatibie

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini