Sukses

Uniknya Dali Ni Horbo si Keju Asal Batak

Keju Batak sendiri bisa dikonsumsi dengan hanya direbus atau dimasak dengan diarsik.

Citizen6, Jakarta Anda pasti sudah familiar dengan susu atau keju. Makanan tersebut biasanya kerap menjadi santapan sarapan. Rasanya dan teksturnya membuat orang ingin terus menikmatinya.

Susu dan keju biasanya dikonsumsi dalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Tetapi, ada penganan unik dari daerah Sumatera Utara khususnya di sekitar Danau Toba seperti di kawasan Parapat, Balige, dan Pulau Samosir. Anda dapat menemukan susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak secara tradisional dan tanpa bahan kimia.

Orang yang belum familiar dengan panganan ini sering menyebutnya seperti tekstur keju karena proses pebuatannya seperti keju. Terutama para pengunjung yang berasal dari luar Indonesia, mereka kadang bingung dengan panganan yang satu ini. Mereka kerap menyamakannya dengan keju dari Belanda dan menyebutnya dengan Keju Batak.

Di daerah ini panganan tersebut dijuluki "Dali Ni Horbo" atau Bagot Ni Horbo" yang memiliki arti bagot atau susu, horbo atau kerbau. Keju Batak sendiri bisa dikonsumsi dengan hanya direbus atau dimasak dengan diarsik yaitu memasak dengan bumbu seperti bawang rambu, cabai, daun ubi atau singkong, garam dan sedikit andaliman dimasak sampai air mengering. Kadangkala hidangan ini disajikan dengan daun singkong sebagai lalapannya. Untuk sentuhan warna daun pandan kerap memperindah warnanya.

Konon menurut ceritanya, tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali sudah dimulai oleh leluhur orang Batak semenjak adanya komunitas Batak. Pada setiap rumah makan khas Batak, dali menjadi menu utama
Kandungan gizi pada dali secara umum tidak berbeda dengan kandungan gizi susu lainnya seperti lemak, karbohidrat dan protein. Hanya berbeda pada pengolahannya, dali diolah dengan sederhana dan menggunakan peralatan tradisional dan tidak menggunakan unsur kimia.

Untuk mencicipinya anda cukup mengeluarkan uang 10 ribu sampai 20 ribu, cukup murah untuk makanan bergizi nikmat serta kaya nutrisi. Nah, Ada penasaran dengan rasa si keju Batak ini? Luangkan waktu Anda ketika Anda berkunjung ke kawasan Danau Toba. (ule)

Pengirim:

March Hot Asi Sitanggang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini