Sukses

Soto, Sroto, Coto atau Sauto, Semuanya `Mak Nyus`

Indonesia begitu kaya dengan kulinernya. Sayang kuliner Indonesia yang begitu penuh cita rasa itu sampai sekarang belum mendunia.

Citizen6, Jakarta Anda penggemar makanan asli Indonesia? Anda pasti sudah tak asing dengan makanan lezat bernama Soto. Pada umumnya soto berisi nasi, bihun, dan suwiran daging ayam yang disiram kuah kaldu. Makanan ini dapat dengan mudah anda jumpai di pelosok kampung, shopping mall besar, depot, pasar bahkan dipinggir jalan.

Di Indonesia terdapat berbagai macam soto yang memiliki cita rasa maupun nama yang berbeda. Lalu pernahkah Anda bingung membedakan istilah soto, sroto dan coto? Ulasan berikut akan menjelaskan perbedaannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Soto Semarang

1. Soto Semarang

Berbeda dengan soto pada umumnya, soto Semarang biasanya disajikan dalam porsi kecil. Soto ini dilengkapi dengan nasi, bihun dan suwiran daging ayam dan kuah segarnya yang bening kecoklatan. Anda bisa menambahkan jeruk nipis untuk memperkuat cita rasa soto yang segar.

Biasanya soto Semarang disajikan dengan sate usus, sate kerang dan sate iso yang direndam di kuah kecap sehingga memperkaya cita rasa soto. Jika Anda berkunjung ke kota aslinya tak ada salahnya mampir ke kedai paling terkenal yaitu Soto Bangkong di Jalan Setiabudi 229, Semarang.

3 dari 5 halaman

Sroto Banyumas

2. Sroto Banyumas

Jika soto Semarang bercita rasa segar, sroto Banyumas menonjolkan rasa rempah-rempah dan bumbu kacang yang kental. Disajikan dengan ketupat, bihun, daun bawang, kerupuk, suwiran daging ayam atau sapi dan disiram dengan kuah santan kaya bumbu membuat sroto Banyumas menjadi makanan primadona. Soto ini enak juga disantap dengan mendoan (tempe goreng Banyumas). Salah satu kedai sroto Banyumas yang paling terkenal adalah Sroto Hj Misdar (Sroto Bancar) di Jalan Ahmadi (Bancar), Purbalingga.

4 dari 5 halaman

Coto Makasar

3. Coto Makasar

Jika soto Semarang menggunakan nasi dan sroto Banyumas menggunakan ketupat, maka coto Makasar menggunakan burasa (sejenis lontong khas Makasar). Selain burasa, coto Makasar juga berisi jeroan sapi seperti hati, babat, usus dan paru yang dimasak empuk. Soto bertambah nikmat karena disiram dengan kuah kental yang kaya rasa. ntuk merasakan nikmatnya coto Makasar, Anda bisa datang ke kedai Coto Gagak di Jalan Gagak No 27 Makasar.

5 dari 5 halaman

Sauto Tegal

4.Sauto tegal

Jenis makanan yang berbentuk sup ini hanya ditemui di Tegal, jawa Tengah. Sauto sebenarnya mirip dengan soto-soto yang lain. Hanya saja Sauto Tegal yang telah populer ini bumbunya ditamnbahkan tauco. (Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi)

Dengan tambahan tauco, aroma dan rasa kuahnya sungguh khas menggugah selera.  

Tiap soto memiliki keunikan nama dan cita rasa masing-masing. Jadi mana yang sesuai selera Anda, soto, sroto coto atau sauto semuanya enak dan pengen nambah.

Pengirim:

Fiana Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.