Sukses

8 Kota Di Dunia Yang Pernah Tenggelam Dan Ditemukan Kembali

Kota-kota berikut ini pernah dinyatakan hilang karena tenggelam, namun peristiwa alam membuat kota-kota tersebut kembali ditemukan.

Citizen6, Jakarta Pemanasan global, naiknya permukaan air laut, gelombang tsunami, letusan gunung berapi, adalah beberapa penyebab sebuah tempat tenggelam atau menghilang. Uniknya dari beberapa kota yang tenggelam, ada kota-kota yang kembali ditemukan karena peristiwa alam ataupun penemuan secara tidak sengaja. Berikut 8 kota yang pernah tenggelam dan kembali ditemukan.

1. Kota Thira Tenggelam 3500 Tahun Silam (Lokasi antara Yunani dan Turki)

Kota Thira merupakan ibukota kerajaan Minoa, tenggelam hampir 3500 tahun silam. Penyelaman di laut Aegia antara Yunani dan Turki telah menemukan kembali kota bersejarah itu. Letaknya di dasar laut, dalam laguna pulau Santorin yang dulu merupakan gunung api setinggi 1500 meter di atas permukaan laut.

Menurut George Pararas-Carayannis, Direktur Pusat Informasi Tsunami Internasional di Honolulu, kota ini mempunyai sudah lumayan tinggi. Gedung-gedungnya, ada yang bertingkat satu, dua dan tiga. Di dalamnya ditemukan banyak artifak Minoa dan alat-alat rumah tangga. Tapi kerangka manusia, tak satu pun yang ditemukan di situ. Ada kemungkinan, penduduk kota Minoa sudah mengenal sistim tanda bahaya sebelum gunung api meletus, sehingga mereka punya cukup waktu mengungsi dari pulau itu.

2. Kota Alexandria, Tenggelam 1600 Tahun Lalu (Mesir)

Kota ini tenggelam karena gempa bumi dan tsunami yang melanda daerah tersebut. Kota Alexandria merupakan kediaman Cleopatra, ratu Mesir yang terkenal. Kota itu juga menjadi saksi sejarah hubungan Cleopatra dengan Julius Caesar, Marc Antony dan Octavius, semuanya adalah petinggi Kerajaan Romawi yang tergila-gila pada oleh Cleopatra.

Meski terbenam selama 1600 tahun, namun jejak kemewahan istana-istana di Alexandria masih bisa ditemukan oleh para arkeolog. Dikabarkan, ada sekitar 500.000 rumah ikut terbenam dalam bencana mengerikan kala itu. Ditemukan juga 25 sphinx, patung dewa-dewa juga patung Cleopatra. Penemuan lainnya adalah kapal karam serta tiang granit merah, patung wajah ayah Cleopatra, King Ptolemy XII.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Port Royal (Jamaika)

Gempa bumi dahsyat telah menghancurkan sebuah kota ini yang merupakan pusat perdagangan pada abad ke-17. Bukan hanya meluluhlantakan kota itu, tapi juga membenamkan semua yang ada di sana ke dasar laut. Dulunya, kota pelabuhan itu sangat terkenal sebagai sarang bajak laut, pelacuran, mabuk-mabukan.

4. Kota Pantai Pulau Shihoku, Tenggelam 1300 Tahun Silam (Jepang)

Kota ini tenggelam oleh gelombang pasang dan tsunami. Seribu lebih orang tenggelam lantaran tak sempat melarikan diri dari serangan tsunami itu. 15 tahun silam, sisa-sisa kota di dasar Samudera Pasifik itu ditemukan oleh beberapa penyelam secara kebetulan. Sejak saat itu, mulailah persiapan penyelidikan ilmiah untuk mencari kota yang persisnya hilang 1300 tahun silam.

5. Mahabalipuram, Candi yang Berada di Dalam Air (India)

Menurut legenda Candi Mahabalipuram bukanlah satu-satunya candi yang tenggelam. Candi ini merupakan satu dari tujuh candi yang ada, namun enam candi lain telah tenggelam. Kisah rakyat itu kemudian dibuktikan dengan ekspedisi tim arkeolog di lepas pantai dari Mahabalipuram. Di tempat tersebut ditemukan sisa-sisa batu, tembok, dan lain-lain.

6. Yonaguni-Jima, Tenggelam 2000 Tahun Lalu (Jepang)

Yonaguni-Jima letaknya dekat ujung selatan Kepulauan Ryukyu, Jepang, kira-kira 120 kilometer dari pantai timur Taiwan. Pulau Yonaguni digambarkan sebagai tempat yang luar biasa, namun daya tarik paling istimewa dari pulau ini adalah reruntuhan kota bawah laut yang berada di pantai selatan Yonaguni. Disebutkan kota ini tenggelam karena gempa bumi dan tsunami pada 2000 tahun lalu.

Dari tempat ini ditemukan artefak dari lempengan batu yang masih kokoh yang diduga menggunakan teknologi tinggi untuk mengukirnya. Artefak-artefak yang ditemukan dipahat dengan lempengan batu yang sepertinya menggunakan peralatan yang belum ada pada zaman itu.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

7. Pavlopetri, Kota Pelabuhan Zaman Perunggu (Yunani)

Kota kuno ini terletak tiga sampai empat meter dari lepas pantai selatan Laconia di Yunani. Dari penelitian ada perkiraan kalau kota ini telah ada pada 2800 SM namun ada pendapat lain bahwa kota lebih tua dari itu, yakni periode Mycenaean. Yang menakjubkan, meski telah berusia ribuan tahun, namun struktur kota yg ditemukan terbilang utuh. Dari artefak tembikar yang ditemukan, diduga dibuat sekitar 1100 SM.

Diperkirakan, dulunya Pavlopetri adalah kota pelabuhan yang maju dan menjadi tempat berbisnis dengan penduduk setempat ataupun dengan pedagang di seluruh Mediterranean. Penemuan tempat ini menambah gambaran pengetahuan baru, khususnya tentang kehidupan masyarakat zaman perunggu.

8. Dwarka Port (India)

Di antara penemuan arkeologis yang paling menggairahkan adalah di India, yakni di lepas pantai Dwarka dan Bet Dwarka di Gujarat. Penggalian sudah berlangsung sejak 1983. Dua tempat ini letaknya berjauhan, sekitar 30 kilometer satu sama lain. Dwarka di pantai laut Arab dan Bet Dwarka di Teluk Kutch. Tempat ini dihubungkan dengan legenda mengenai Krishna dan dinilai sebagai satu di antara tujuh kota yang paling kuno di negara ini.

*dari berbagai sumber

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.