Sukses

10 Gereja Paling Unik di Dunia

Gereja-gereja berikut terbilang unik dan belum pernah Anda lihat sebelumnya

Citizen6, Jakarta Setiap umat pasti mendambakan tempat beribadah yang nyaman dan membuat mereka tentram saat beribadah di dalamnya. Tak peduli apapun agamanya, kenyamanan itulah yang membuat seseorang betah beribadah di sebuah tempat beribadah. Uniknya, ada beberapa tempat ibadah yang sengaja dibangun dengan bentuk yang unik. Berikut 10 gereja paling unik di dunia yang akan membuat Anda terkagum-kagum

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1-2

1. Gereja Lego

Gereja ini terletak di daerah Enschede, Belanda. Keunikan gereja ini adalah beberapa bagian gereja sengaja disusun dari lego. Lego yang digunakan tentu saja bukan lego biasa. Lego yang digunakan untuk membangun gereja adalah lego yang dibuat khusus agar bangunan ini tidak goyah dan kuat.

2. Gereja Organik

Gereja yang satu ini dibangun di alam terbuka. Bukan tanpa tujuan tentunya. Gereja dibangun dari batang-batang pohon yang dibentuk melengkung dan tanaman sulur dibiarkan merambat di dalamnya. Saat tanaman sulur tersebut tumbuh, gereja pun makin ditutupi oleh tanaman hingga ke atap. Gereja ini terdapat di daerah Bergamo, Italia.

3 dari 6 halaman

3-4

3. Gereja Tulang

Gereja yang berada di Republik Ceko ini memang terbilang menyeramkan. Beberapa bagian gereja dihiasi tulang-tulang dan dibentuk menjadi hiasan gereja. Hiasan lampu di dalam gereja bahkan tampak jelas dibuat dari gabungan tulang. Boneka malaikat yang seharusnya tampak menggemaskan, justru menambah kesan seram gereja ini.

4. Gereja Salju

Gereja ini tentunya hanya dibangun saat musim dingin saja. Gereja salju terdapat di Mitterfirmiansreut, Jerman. Meski terbuat dari salju, strukturnya cukup kuat sehingga mampu menampung banyak jemaah.

4 dari 6 halaman

5-6

5. Gereja Tank

Gereja ini mungkin khusus dibuat untuk para tentara yang sedang berperang namun tak lupa beribadah. Gereja dibuat dari tank yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Gereja ini tentunya hanya cukup menampung beberapa orang jemaah saja.

6. Gereja Parasut

Saat Anda memasuki gereja ini, Anda diharapkan tidak membawa benda tajam. Terang saja, sedikit tusukan dari benda tajam bisa membuat gereja yang satu ini kempes.

5 dari 6 halaman

7-8

7. Gereja Transparan

Gereja yang terdapat di Haspengouw, Belgia ini membuat jemaahnya tak bisa berlama-lama beribadah kala turun hujan. Terang saja, gereja ini dibuat dari lempengan yang disusun sedemikian rupa agar membentuk bangunan gereja.

8. Gereja terkecil di dunia

Gereja terkecil di dunia? Ya, gereja ini terdapat di Oneida, New York. Dibangun sejak tahun 1989, gereja berdiri di atas lempengan papan di sebuah rawa. Mengingat bentuknya yang sangat kecil, tentunya gereja ini tak boleh dimasuki oleh banyak orang.

6 dari 6 halaman

9-10

9. Gereja Kereta

Saking kreatifnya, gerbong kereta pun dijadikan kereta! Gereja ini terdapat di Rusia. Sebuah gerbong kereta yang tak terpakai sengaja dihias dan dipercantik menjadi sebuah tempat beribadah.

10. Gereja di atas jurang

Gereja yang terakhir merupakan gereja yang paling ekstrim yang pernah dibangun. Seseorang mau bersusah payah membangun sebuah gereja di atas tebing. Jemaah baru bisa beribadah di gereja tersebut setelah naik menggunakan gantungan.

Namun, bagaimanapun bentuk gerejanya, yang terpenting adalah kekhusyukan hati saat beribadah di dalamnya bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.