Sukses

Lezatnya Soto Kerbau Khas Kota Kudus

Kudus, mungkin satu-satunya kota yang mempunyai kuliner langka ini, soto kerbau.

Citizen6, Kudus Selama ini soto yang sering kita konsumsi adalah soto ayam atau soto daging sapi. Tiap soto di suatu wilayah mempunyai aroma dan kelezatan yang khas. Misalnya Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Banjar, Coto Makassar dan lainnya. Tapi pernahkah anda berfikir untuk mencicipi soto yang berasal dari daging kerbau?

Ya, soto kerbau mungkin terdengar aneh di telinga banyak orang. Namun ternyata soto kerbau ini sudah menjadi makanan khas dikota Kudus, Jawa Tengah. Salah satu warung soto kerbau di Kudus yang terkenal adalah warung Soto Kerbau Bu Jatmi. Warung soto ini terletak di Jl. Wahid Hasyim No.43 Kudus, Jawa Tengah. Tidak jauh dari alun-alun kota Kudus dan hypermart Kudus.

Semangkuk nasi soto Bu Jatmi ini berisi irisan daging kerbau, mie putih, tauge, kol, butiran kacang kedelai, yang ditaburi daun seledri dan bawang goreng, disiram kuah dari kaldu kerbau yang hangat, dengan bumbu dan aroma rempah-rempah yang khas.

Diijamin sajian ini menggoyang lidah. Bila ingin menikmati secara total cita rasa daging kerbau, kita bisa juga menaruh lauk daging kerbau sebagai tambahan, yang diolah menjadi daging lapis dengan tambahan taburan bawang goreng. Sebagai tambahan disediakan kecap, jeruk limau dan sambal.

Selain cita rasa soto yang menggoda, warung soto Bu Jatmi ini memiliki gaya otentik warung soto jaman dahulu yang masih menggunakan angringan (gerobak yang dipikul) dan sebagai tempat kuahnya menggunakan kwali yang terbuat dari tanah liat.

Kudus, mungkin satu-satunya kota yang mempunyai kuliner langka ini. Soto kerbau ini mungkin satu-satunya menu makananyang ada di dunia.

Harga semangkuk soto kerbau Bu Jatmi ini masih terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar 15.000-20.000 rupiah anda sudah bisa menikmati soto kerbau ini. Warung Soto Bu Jatmi buka dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mampir ke warung soto kerbau Bu Jatmi dan mencicipi soto kerbau khas kota Kudus. (JT)

Pengirim:

Jhenika Tiara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.