Sukses

Berwisata ke 4 Stasiun Peninggalan Hindia-Belanda

Pernahkah berfikir untuk berwisata di stasiun yang menjadi peninggalan Hindia-Belanda.

Citizen6, Jakarta Stasiun memang menjadi tempat pemberhentian sejenak untuk menaik turunkan penumpang dari kereta sekilas hanya terlihat biasa. Namun, pernahkah Anda berfikir untuk berwisata di tempat yang masih menjadi persinggahan salah satu transportasi umum tersebut?

Berikut 4 stasiun di Indonesia yang menjadi rekomendasi Anda untuk berwisata:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Satu

1. Stasiun Tugu Yogyakarta

Saat datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pasti Anda langsung terfikirkan salah satu objek wisata yang terkenal di Yogyakarta yaitu Malioboro. Namun, Yogyakarta juga memilki objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Stasiun Tugu yang berada di jantung kota Yogyakarta ini menawarkan wisata yang unik saat berkunjung ke DIY.

Disana Anda dapat melihat lokomotif-lokomotif kereta yang masih aktif digunakan, terpajang dengan komponen-komponen yang detail. Selain itu, sempatkandatang pukul 16.00-18.00 WIB untuk melihat pemandangan senja yang indah saat langit cerah dimana matahari berpadu dengan rel-rel kereta api yang semaki jauh akan membentuk garis-garis yang akhirnya akan menyatu pada satu titik. Adapula lantunan musik-musik yang di dendangkan oleh anak-anak jalanan yang menambah keistimewaan stasiun Tugu Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

Dua

2. Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok yang berada di Jakarta Utara ini menawarkan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Bangunan yang merupakan peninggalan Hindia-Belanda ini menggunakan ornamen neo klasik dengan gaya kontemporer yang memberikan kesan lebih menarik bagi para wisatawan. Saat ini stasiun Tanjung Priok juga menjadi warisan Cagar budaya DKI Jakarta. Selain itu, Anda dapat mengunjungi bunker yang berada di salah satu sudut stasiun.

4 dari 5 halaman

Tiga

3. Stasiun Tawang Semarang

Stasiun Tawang Semarang merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Sejak pertama kali di bangun, tak banyak perubahan terjadi di Stasiun Tawang. Hampir seluruh bagian di stasiun ini tetap sama. Lapangan di depan Stasiun Tawang (sekarang menjadi Polder) juga mempunyai nilai historis yang tinggi yaitu sebagai ruang terbuka di kawasan kota lama yang difungsikan sebagai tempat upacara, olah raga, pertandingan dan sebaginya. Bagi yang ingin melihat sisi sejarah yang masih tertinggal dalam bentuk bengunan bersejarah dapat mencoba datang langsung ke stasiun Tawang semarang.

5 dari 5 halaman

Empat

4. Stasiun Purworejo

Stasiun yang berada Purworejo Jawa Tengah ini sudah tidak atif digunakan sebagai pemberhentian sejenak Kereta Api. Stasiun Purworejo merupakan salah satu stasiun terminus di Jawa Tengah yang hanya ada satu kereta api yang datang dan berangkat dari stasiun ini. Saat ini stasiun Purworejo ditetapkan sebagai cagar budaya oleh kereta api Indonesia (KAI). (ule)

Pengirim:

Vani Fyland

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini