Sukses

5 Kota Paling Hijau di Dunia

Kota-kota berikut menjadi simbol kota dengan tingkat polusi yang rendah dan alam yang terjaga.

Citizen6, Jakarta Polusi, efek rumah kaca, pemanasan global adalah akibat yang harus ditanggung manusia setelah lingkungan semakin rusak. Jumlah hutan hijau pun semakin lama semakin berkurang dikarenakan ditebang untuk menjadi rumah penduduk.

Di tengah segala kerusakan lingkungan yang manusia buat, masih ada orang-orang yang berkomitmen menjaga bumi agar tetap bisa ditinggali anak cucuk mereka kelak. Mereka berusaha mengurangi penggunaan energi tak terbarukan dan menggantinya dengan penggunaan energi yang murni dari alam. Mereka mengaplikasikannya pada kota yang mereka tinggali. Berikut 5 kota di dunia paling hijau tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Reykjavik

1. Reykjavik, Islandia

Reykjavik merupakan ibukota dari negara Islandia. Dikarenakan letak geografisnya yang sangat dekat kutub utara, kota ini hanya mendapatkan sinar matahari selama 4 jam dengan malam yang begitu panjang. Kota ini mendunia dengan konsep hijaunya. Di Reykjavik, pasokan listrik sepenuhnya berasal dari pembangkit listrik tenaga air dan panas bumi. Sistem transportasi di kota ini juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar. Tak heran, Reykjavik disebut-sebut sebagai kota paling hijau di dunia dengan langit paling bersih.

3 dari 6 halaman

Curitiba

2. Curitiba, Brazil

Hutan hujan di Amerika Selatan makin lama makin berkurang. Padahal, hutan tersebut lah yang menjadi pasokan oksigen dunia. Karena itu, banyak kota di Brazil yang mulai menerapkan konsep hijau. Salah satunya adalah Curitiba, sebuah kota di selatan Brazil. Kota ini memiliki banyak sekali ruang hijau seperti taman dan kebun botani. Kota ini difokuskan untuk menjadi kota paling hijau di Brazil. Sampai-sampai para penduduk disarankan untuk meninggalkan mobil mereka di rumah dan lebih menggunakan transportasi umum.

4 dari 6 halaman

Vancouver

3. Vancouver, Kanada

Sudah sejak lama kota ini berbenah untuk menjadi kota yang hijau. 90% kebutuhan listrik di kota ini dipasok dari hydroelectric. Angin, matahari, gelombang di laut, sampai energi tidal telah digunakan secara luas untuk menjaga kelestarian lingkungan di kota ini. Saking bersemangatnya menjadi kota hijau, Walikotanya sampai mengumumkan bahwa Vancouver akan menjadi kota paling hijau di dunia pada tahun 2020.

5 dari 6 halaman

Portland Oregon

4. Portland Oregon, Amerika Serikat

Meski banyak kota di Amerika yang menggunakan mobil sebagai transportasi rakyatnya, kota ini tidak ikut-ikutan. Walikotanya malahan membangun jaringan jalur sepeda yang lebar untuk mendorong orang-orang meninggalkan mobil mereka di rumah. Kota Portland juga salah satu kota pertama yang berjanji untuk mengurangi emisidan memulai transisi bangunan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan.

6 dari 6 halaman

Malmo

5. Malmo, Swedia

Di kota ini, Anda akan menemukan banyak orang yang bersepeda di jalur khusus yang diciptakan untuk pesepeda. Kota ini sangat menghargai lingkungan mereka yang hijau dan tak ingin langit mereka yang jernih terkena polusi. Di kota ini pun banyak terdapat ruang hijau serta taman-taman kota.

Nah, jika kita masih ingin Indonesia, negara tempat kita tinggal masih bisa ditinggali anak cucu kita kelak, mulai kurangi penggunaan energi tak terbarukan dan menggalakkan penghijauan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini