Sukses

3 Tempat Indah di Indonesia yang Terancam Rusak

Citizen6, Jakarta Indonesiamemiliki kekayaan alam yang melimpah ruah dari dasar laut hingga puncak gunung. Kekayaan yang melimpah ruah tersebut tentu dapat menjadi modal untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Tetapi tentu perlu partisipasi bersama didalamnya, untuk menjaga, mengolah dan memanfaatkannya. Sering kita mendengar tempat-tempat atau habitat yang kini terancam karena ulah manusia sendiri. Seperti tempat-tempat indah yang kita miliki ini, kini terancam rusak.



1. Hutan Hujan Tropis Sumatera
Keberadaan hutan hujan tropis di Sumatera merupakan salah satu yang amat penting untuk dijaga karena keberadaannya sebagai salah satu paru-paru dunia. Akan tetapi, salah satu Warisan Dunia UNESCO  dengan area hutan belantara seluas 2,5 juta hektar ini kini mulai terancam rusak. Kawasan hutan hujan tropis yang didalamnya terdapat 3 taman nasional yakni, Taman Nasional Gunung Leuser, Taman nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini menjadi rumah bagi banyak spesies langka.

Spesies Harimau Sumatera, Gajah dan Badak Sumatera yang menggantungkan hidupnya pada ekosistem hutan ini kini semakin terancam punah. Hal tersebut terutama disebabkan oleh maraknya Illegal Logging, pembukaan lahan dan pembakaran hutan telah menyebabkan berkurangnya area hijau secara drastis. Perlu tekad kuat dan upaya sungguh-sungguh untuk menjaganya, terutama pemerintah Indonesia dan kita semua. 



2. Pantai Sendang Biru, Jawa Timur
Kawasan pantai yang berada di Malang Jawa Timur ini tergolong objek wisata yang populer. Perpaduan keindahan laut biru dan pasar putihnya menarik banyak wisatawan untuk berwisata perahu ataupun piknik disana. Selain itu juga di pantai ini terdapat pelelangan ikan segar yang dijual murah.

Akan tetapi kini kondisinya cukup memprihatinkan dengan banyaknya sampah yang ada disana. Selain masalah sampah, abrasi parah yang terjadi di salah satu bagian pantai ikut mengurangi nilai keindahannya. Kesadaran kita untuk menjaga lingkungan dengan setidaknya membuang sampah pada tempatnya mesti terus ditingkatkan. Jika tidak, keindahan alam mana lagi yang akan rusak karena sampah? 



3. Ranu Pane, Jawa Timur
Bagi para pendaki gunung mungkin sudah tidak asing dengan kawasan yang menjadi pintu masuk pendakian Gunung Semeru. Danau cantik yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki pemandangan yang memukau. Akan tetapi kini terancam resiko penyempitan yang dikarenakan oleh erosi, endapan lumpur dan sampah serta eceng gondok yang tumbuh pesat. Warga desa setempat bersama sukarelawan rutin melakukan pembersihan danau. Tetapi tentu saja butuh usaha lebih serius untuk menjaga keindahan dan kelestariannya bukan?

Tempat-tempat diatas hanya sedikit dari tempat-tempat yang kini terancam rusak karena sampah, pembakaran hutan dan illegal loging, erosi dan abrasi serta hal lainnya. Tentu butuh usaha bersama untuk menjaga karunia Tuhan yang dititipkan ini, karena alam menjadi sumber kehidupan kita bersama. Mari menjaga kelestarian alam. 

Artikel Selanjutnya
Keindahan Taman Wisata Pendidikan Mangrove Bangkalan
Artikel Selanjutnya
Protes, Warga Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Jalan yang Rusak