Sukses

Islamic Otaku Hadir di GKJfest, Se-Sugoi Apa Ya?

Berbagai komunitas dengan ciri khas masing-masing diundang untuk turut memeriahkan festival tersebut

Citizen6, Jakarta Sabtu (13/12), Komunitas Garuda Keadilan Jakarta (GKJ) memperingati ulang tahunnya yang ke-2 dengan kembali mengadakan event GKJfest di Aula Komplek DPR di Kalibata, Jaksel.  Event yang berlangsung pada Pkl.12.00-18.00 WIB ini bertujuan sebagai wadah silaturrahim sekaligus mempererat persaudaraan antar member GKJ, sekaligus memperkenalkan komunitas-komunitas yang hadir memeriahkan acara.

Berbagai komunitas dengan ciri khas masing-masing diundang untuk turut memeriahkan festival tersebut, seperti Kampung Dolanan, One Week One Paper, dan Islamic Otaku Community (IOC). Kampung Dolanan menghadirkan berbagai permainan tradisional seperti egrang, ular tangga, gasing, bakiak, dll. Ada pula komunitas One Week One Paper (OWOP) yang merupakan wadah bagi mereka yang gemar menulis.

Sementara, di booth Islamic Otaku Community (IOC), pengunjung dapat membaca manga gratis, berbagi anime, foto gratis dengan mengenakan yukata/kimono dengan background bergambar pohon sakura, bertemu cosplayer, dsb.  

Islamic Otaku Community (IOC) memang hadir dengan membawa warna baru perpaduan dari unsur-unsur keislaman dengan Japan Pop Culture. Di event GKJfest, ada beberapa member IOC yang berhijab cosplay sebagai Angewomon (anime Digimon), Konan-Akatsuki (anime Naruto), Asuna (anime SAO-GGO), dll. Ada juga anggota pria yang cosplay sebagai Asuma Sarutobi (anime Naruto). Otaku sendiri sebenarnya merupakan istilah Jepang untuk seseorang yang memiliki minat obsesif, biasanya terhadap anime dan manga fandom.


Istiana, salah seorang pengunjung booth IOC di GKJfest mengatakan, “Seru banget.. ada foto pakai yukata, baca manga, berbagi anime, dan semuanya gratis!! Belum lagi main elektrik sensor yang semuanya ga menang-menang...”

Usai acara, beberapa member IOC pun berkumpul untuk sesi kenalan dan sharing. Yup, kenalan, karena event-event seperti ini juga menjadi ajang kopi darat bagi member yang baru bergabung via social media dan belum pernah bertemu di dunia nyata sebelumnya. Sampai jumpa di event-event Japan Pop Culture selanjutnya.

Penulis:

Miftahul Falah
Member Islamic Otaku Community

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.