Sukses

Fobia-fobia Paling Aneh di Dunia

Takut akan ketinggian? Takut akan ruang sempit? Sudah biasa. Namun bagaimana dengan fobia-fobia berikut ini?

Citizen6, Jakarta Fobia adalah ketakutan tidak masuk akal atas suatu obyek atau situasi yang diikuti dengan rasa cemas untuk menghindarinya. Fobia biasanya sangat mengganggu penderita, membuat penderita terganggu aktivitas sehari-harinya. Ada banyak macam fobia atau ketakutan. Fobia terhadap tempat tinggi, fobia terhadap ruangan sempit, itu sudah biasa. Namun bagaimana dengan fobia-fobia berikut ini?

Glophobia

Pernah ga kamu merasa ketakutan saat berada di sebuah pesta yang dipenuhi balon? Atau kamu menjerit saat temanmu menggosokkan balon ke rambut? Kemungkinan kamu menderita fobia terhadap balon yang populer dengan nama glophobia.

Ombrophobia

Beberapa orang memang ga suka dengan hujan. Hujan membuat aktifitas terhambat, pakaian basah, banjir, dan berbagai alasan yang membuat seseorang membenci hujan. Namun kalau kamu menjerit-jerit ketakutan saat terkena tetesan hujan atau meringkuk saat hujan turun di luar rumah. Kamu mengidap ombrphobia atau ketakutan terhadap hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Trypophobias                            

Kamu selalu menolak saat temanmu membelikanmu donat dan malah memilih kue tanpa lubang? Kamu sering bergidik saat melihat sesuatu yang berlubang? Kemungkinan kamu mengidap trypophobia alias fobia terhadap sesuatu yang berlubang.

Pognophobia

Penelitian terbaru menunjukkan peningkatan jumlah wanita yang takut melihat pria berjenggot. Bukan sekadar takut, tapi sampai berteriak ketakutan. Sebab perempuan tersebut mengidap pognophobia alias fobia terhadap jenggot.

Ergophobia

Membenci pekerjaan dengan menakuti pekerjaan adalah dua hal yang berbeda. Saat kamu mengidap ergophobia, kamu akan ketakutan saat mesti bekerja sama dalam kelompok, berbicara di depan umu, atau memimpin suatu kelompok. Ya, ergophobia berarti takut terhadap pekerjaan.

Emetophobia

Sejauh ini, baru inilah fobia yang paling masuk akal. Fobia terhadap muntah. Beberapa orang memang takut dan jijik melihat muntah, tapi beberapa yang lain ketakutannya tak dapat dimengerti.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Triskaidekaphobia

Banyak orang yang memiliki fobia atau ketakutan terhadap angka 13. Ketakutan tersebut terkadang dikaitkan dengan hal-hal berbau takhayul. Orang yang ketakutan akan angka 13 akan gelisah terhadap semua hal yang berbau angka 13.

Ancraophobia

Orang-orang yang memiliki fobia atau ketakutan terhadap angin, akan menjauhi angin kencang. Saat angin di luar terlalu kencang, mereka akan ketakutan dan memilih bersembunyi atau berlindung.

Xanthophobia

Dalam kasus yang paling ekstrim, penderita xanthophobia akan berteriak-teriak bahkan saat mendengar kata kuning. Yup, xantophobia berarti takut terhadap warna kuning. Ketakutan mereka biasanya terkait dengan peristiwa traumatis di masa lalu saat warna kuning memberi efek mengerikan bagi mereka.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Anthophobia

Seperti kebanyakan kasus fobia lainnya, penderita anthophobia/ketakutan terhadap bunga, mengakui bahwa tidak menimbulkan ancaman bagi mereka. Namun hal tersebut tidak mengurangi kecemasan dan kegelisahan mereka.

Hylophobia

Penderita hylophobia atau takut kepada benda kayu, biasanya pernah mengalami penyerangan atau diserang di hutan. Hal ini membuat mereka takut terhadap benda-benda yang terbuat dari kayu bahkan terhadap pohon sendiri.

Pentheraphobia

Fobia yang satu ini mungkin terdengar lucu, namun kenyataannya banyak orang yang takut menghadapi ibu mertua mereka sendiri. Mereka akan merasa cemas, takut, mual saat mesti berhadapan dengan ibu mertua. Ketakutan tersebut timbul karena mereka takut akan berbuat hal-hal yang memalukan di depan ibu mertua sehingga ibu mertua tampak begitu mengerikan.

Ketakutan seorang penderita fobia memang terkadang tidak masuk akal. Namun hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Kamu bagaimana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.