Sukses

Hewan-hewan dengan Sistem Pertahanan Diri Menakjubkan

Hewan-hewan ini mempunyai sistem pertahanan diri dari predator yang menakjubkan, bahkan terdengar aneh.

Citizen6, Jakarta Beberapa hewan diciptakan Tuhan dengan bentuk tubuh yang besar untuk menakuti mangsanya, seperti Gajah, Badak, Kuda Nil, dan lainnya. Beberapa yang lain mempunyai bentuk yang menyeramkan untuk menyerang mangsanya. Namun hewan-hewan berikut ini diberikan kelebihan oleh Tuhan dengan sistem pertahanan diri yang menakjubkan. Apa saja? Berikut hewan-hewan yang mempunyai sistem pertahanan diri menakjubkan tersebut.

1. Cuttlefish

Hewan kecil ini mempunyai mekanisme pertahanan dengan cara menyamar. Kemampuannya menyamar menjadikannya salah satu cara melarikan diri dari predator. Makhluk ini mampu mengubah warna kulitnya dengan cepat sesuai dengan lingkungan sekitar. Tak hanya warna tubuh, tapi juga bentuk tubuh agar sesuai dengan tekstur lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kadal Bertanduk

2. Kadal Bertanduk Texas

Selain tubuhnya dilingkupi duri, kadal ini mempunyai sistem pertahanan diri lainnya. Saat terancam, dia akan menembakkan aliran darah dari bawah matanya. Saat predator masih terkaget-kaget, dia akan memanfaatkannya untuk melarikan diri.

3 dari 7 halaman

Motyxia Sequoia

3. Motyxia Sequoia

Pada siang hari, spesise kaki seribu ini mirip dengan spesies lainnya. Namun pada malam hari, saat terancam, tubuhnya akan mengeluarkan cahaya sebagai tanda peringatan agar predator menjauh. Namun jika sang predator masih membandel, maka predator mesti mencicipi cairan sianida dan bahan kimia busuk yang dikeluarkan dari seluruh pori-pori tubuh mereka.

4 dari 7 halaman

Sigung

4. Sigung

Hewan yang satu ini sudah terkenal akan sistem pertahanannya yang unik yakni dua kelenjar di bawah ekor mereka. kelenjar-kelenjar tersebut akan menghasilkan campuran bahan kimia yang mengandung sulfur dengan bau yang sangat tidak enak.

5 dari 7 halaman

Hagfish

5. Hagfish

Hewan yang satu ini telah bertahan dari seleksi alam selama 300 juta tahun dengan sistem pertahanan diri yang menakjubkan. Saat terancam, tubuhnya akan mengeluarkan zat berlendir yang akan tercampur dengan air laut tempatnya hidup. Zat itu akan menyebar dan membuat ikan yang menjadi predator mereka teracuni saat zat tersebut melewati insang.

6 dari 7 halaman

Burung Nasar

6. Burung Nasar Kalkun

Tampak seperti hasil perkawinan silang antara burung kalkun dan burung nasar pemakan bangkai, burung ini mempunyai sistem mekanisme pertahanan diri yang unik. Bila merasa terancam, ia akan memuntahkan seluruh isi perutnya. Burung-burung lain tentu akan jijik melihatnya.

7 dari 7 halaman

Kodok Berambut

7. Kodok Berambut

Rabmut di bagian kaki mereka tidaklah benar-benar rambut. Rambut tersebut adalah serpihan kulit mereka. Namun bukan rambut tersebut bentuk perhatahanan tubuh mereka. Kemampuan mereka melindungi diri adalah dengan cara memecahkan tulang kaki mereka sendiri dan mendorongnya keluar dari kulit untuk menjadi cakar tajam.

Unik-unik, bukan? Tuhan memang Maha Adil dalam menciptakan ciptaan-Nya.

Disclaimer:

Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sinihttp://citizen6.liputan6.com/read/2132911/citizen6-wadah-nyaman-berbagi-info-antar-warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini