Sukses

15 Hewan Purba yang Masih Hidup di Sekitar Kita

Karena punya mekanisme internal dan teknik hidup yang baik, binatang-binatang ini bisa survive sampai sekarang

Citizen6, Jakarta Hewan-hewan prasejarah, mereka menghuni bumi sebelum ada manusia di bumi. Hewan-hewan yang hidup pada zaman dinosaurus ini sampai sekarang masih tetap bisa survive karena mereka mempunyi mekanisme tyaubuh dan teknik hidup  yang tidak  dimiliki oleh spesies lain.
Beberapa hewan prasejarah yang telah ada sejak berjuta-juta tahun lalu itu beberapa masih survive di era yang sekarang ini. Beberapa diantaranya adalah:

1.    kecebong

Hewan amfibi ini  telah ada sejak kurang lebih 70 juta tahun yang lalu.  Biasanya mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air sebelum mereka dewasa.

2. Lamprey

Ikan sejenis belut ini sebenarnya tidak mempunyai  taring yang menakutkan namun ia dengan gigi-giginya ia mampu menghisap darah ikan yang ada di sekelilingnya. Hewan ini telah hidup sejak 360  juta tahun yang lalu.

3.    Sturgeon

Beberapa tahun ini,  binatang ini telah hidup dengan nyaman di air di sekitar kita, namun karena polusi hewan yang telah hidup sejak 200 juta tahun yang lalu itu kini . keberadaannya hampir punah.  

4. Salamander Raksasa

Binatang ini telah ada sejak kurang lebih 170 juta tahun yang lalu. Salamander termasuk hewan amfibi terbesar di dunia. Tubuhnya bisa mencapai panjang 6 kaki.

Di China hewan ini menjadi santapan yang lezat dan beberapa bagian tubuhnya dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

5.    Semut Heureka

Hewan yang sudah ada sejak 120 juta tahun ini ditemukan di hutan  Amazon. Hewan ini digambarkan sebagai spesies baru. Hewan ini mempuyai nama generic yang artinya “berasal dari mars”.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

6.    Hiu Goblin 

Dari bentuk tubuhnya, hewan ini tampak begitu mengerikan namun hewan ini tidak berbahaya bagi manusia.  Hewan yang telah ada sejakaa 120 juta tahun ini dianggap sebagai hewan paling tua yang menghuni bumi.  

 7.   Echidna

Spesies ini yang hidup antara 48 dan 19 juta tahun lalu ini disebut sebagai fosil hidup karena berhubungan dengan reptilia dan mamalia. platypus  dan echidna masih termasuk keluarga monotremes

 
8. Coelacanth  

Sebelum tahun 1938, jenis ikan ini telah dianggap punah. Ikan ini mempunyai karakter seperti reptil karena bernafas dengan paru-paru. Jenis ikan ini telah menghuni bumi sejak 170 juta tahun yang lalu.
    

9. Ikan Pari raksasa


 
Ikan pari ini dianggap sebagai ikan terbesar di air tawar. Spesies ini bisa ketika dewasa bisa mencapai bobot 600 kg dengan panjang lebih dari dua meter. Ikan ini juga terancam punah.

10.  Nautilus

 

Hewan mirip keong ini saat ini sedang terancam punah.   Meski mempunyai cangkang, hewan ini masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan yang bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3 dan 30 cm diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu dengan bentuk yang tidak banyak berubah, sehingga dianggap fosil hidup.

3 dari 3 halaman

3

11. Jellyfish

Hewan ini telah ada sejak 700 juta tahun lalu.  Binatang yang berbentuk mirip payung ini bisa membuat kulit gatal-gatal jika menyentuhnya. Ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur yang tak bertulang belakang ini. Jenis ubur-ubur yang paling mematikan adalah ubur-ubur Irukandji, yang hidup di sekitar pantai Australia.
 
12. Platypus

 


Hewan unik  ini termasuk salah satu fosil hidup yang ada karena sudah ada sejak beratus ribu tahun lalu. Hewan ini seperti menjembatani evolisi dari reptile dan mamalia. 

13. Sponge

        

        
Para ahli mengalami kesulitan untuk mengetahui berapa lama spesies ini telah menghuni bumi. Fosil tertua dari spesies ini diperkirakan telah berusia 760 juta tahun. 
 

14. Solenodon

Hewan mirip tikus ini mempunyai karakter seperti mamalia. Hewan ini sangat berbisa dan diperkirakan telah  ada di bumi sejak 6 juta tahun yang lalu. 

15. Buaya

Buaya, diperkirakan telah hidup di bumi sejak 50 juta tahun yang lalu. Ada bermacam-macam jenisnya, diantaranya adalah aliagtor,  gharial and caimans. 
 

Bagaimana kalian tak pernah menyangka bukan?

 *Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca  di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini