Sukses

7 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Pria Lebih Sehat

Kesibukan membuat Anda lalai berolahraga dan hidup sehat? Coba kebiasaan-kebiasaan sederhana berikut ini.

Citizen6, Jakarta Jumlah orang kelebihan berat badan dan obesitas meroket tinggi sekali selama 30 tahun terakhir. Pada tahun 1980 jumlahnya hanya 857 juta orang lalu melonjak menjadi dua milyar orang di tahun 2013. Ada banyak penyebab kegemukan di era masa kini, diantaranya adalah terlalu banyak bekerja di balik meja, mengonsumsi makanan tinggi kalori dan cepat saji yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisik seperti berolahraga. 

Anda pria sibuk yang tak sempat berolahraga? Kebiasaan-kebiasaan sederhana berikut bisa membuat Anda hidup lebih sehat dilansir dari askmen.com

1. Lebih sering berdiri di kantor

Duduk dalam jangka waktu yang lama terbukti berdampak buruk pada kesehatan dan mengurangi masa hidup. Sering-seringlah berdiri dan berjalan saat sedang berada di kantor. Bisa saja Anda menelepon klien sambil berdiri. Atau bahkan rapat sambil berdiri! Penelitian menunjukkan, rapat sambil berdiri meningkatkan keterlibatan peserta, menciptakan ide-ide baru, serta mengurangi ngantuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2-4

2. Memarkir kendaraan lebih jauh dari tempat kerja

Dengan memarkir kendaraan lebih jauh dari tempat kerja, Anda mempunyai kesempatan untuk menggerakkan badan Anda. Sedikit jalan kaki sudah cukup bagus untuk tubuh Anda yang jarang digerakkan di tempat kerja nantinya.

3. Berdiri saat naik transportasi publik

Jika Anda menggunakan bus, busway, atau commuter line, biarkan orang lain duduk. Anda sudah seharian duduk di kantor, maka ini salah satu cara agar tubuh Anda bisa sedikit berolahraga. Saat Anda berdiri, Anda tentu harus menjaga keseimbangan sambil berpegangan. Tanpa disadari, Anda sudah sedikit berolahraga.

4. Menonton TV di Gym

Daripada Anda malas-malasan di depan TV sambil ngemil, akan lebih baik kalau Anda menonton tv di gym. Secara tidak langsung Anda akan memaksakan diri untuk berolahraga.

3 dari 3 halaman

5-7

5. Gunakan bagian tubuh non-dominan lebih sering

Menggunakan bagian tubuh non-dominan meningkatkan kreativitas dan kemampuan belajar. Hal ini juga menantang otak Anda yang akan menciptakan jalur saraf yang baru. Jika Anda biasanya menggunakan tangan kanan untuk bekerja, cobalah menggantinya dengan tangan kiri. Jika biasanya menendang dengan kaki kanan, coba tukar dengan kaki kiri.

6. Sedikit olahraga sebelum mandi

Sebelum Anda pergi mandi, biarkan tubuh Anda berkeringat. Luangkan waktu tiga menit untuk melakukan serangkaian gerakan yang dapat membuat badan Anda lebih bugar, bisa saja push up, squat jump, atau bahkan naik-turun tangga.

7. Berjalan lebih cepat

Saat Anda berjalan ke suatu tempat, cobalah untuk menambah kecepatan langkah Anda. Jika Anda biasanya melangkah seperti orang malas, kini melangkahlah seperti orang yang terburu-buru. Hal ini membuat tubuh Anda seperti ikut aerobik. Darah akan dipompa lebih cepat, kalori yang dibakar lebih banyak, dan membantu badan Anda tetap sehat.

Sederhana, bukan? Namun cobalah terapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Dijamin Anda akan merasa lebih sehat. 

Disclaimer:

Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sinihttp://citizen6.liputan6.com/read/2132911/citizen6-wadah-nyaman-berbagi-info-antar-warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini