Sukses

7 Tempat Terdingin di Dunia

Di tempat-tempat ini, ingus yang Anda keluarkan akan membeku seperti stalaktit di dalam gua.

Citizen6, Jakarta Jika sebelumnya kita telah membahas tempat-tempat terpanas di dunia, kali ini kita akan membahas tempat-tempat terdingin di dunia. Bumi memang menakjubkan. Beberapa tempat di bumi mendapat suhu tinggi dan membuatnya gersang, beberapa tempat lain justru digelari tempat terdingin karena suhunya yang minus. Cuaca dingin di tempat-tempat tersebut bahkan bisa membuat air mata Anda beku seketika. Apa saja? 

1. Barrow, Alaska

480 km sebelah utara dari lingkar Arktik terdapat sebuah kota kecil yang dinamakan Barrow. Kota ini dihuni sebenarnya sebuah desa kecil yang dihuni penduduk keturunan Eskimo. Suhu tahunan terendah tercatat di sini adalah minus 3 derajat Celcius. Meski bersuhu ekstrim, tempat ini sering dikunjungi wisatawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Hell, Norwegia

Terletak di bagian barat Norwegia, Hell adalah sebuah desa kecil dengan populasi 958 kepala keluarga. Suhu terendah yang tercatat di desa ini adalah minus 25 derajat Celcius. Uniknya, wisatawan pun sering mengunjungi tempat ini untuk menaiki kereta wisata yang dinamakan kereta Neraka Beku.

3. Fraser, Colorado

Kota ini terletak di atas pegunungan berbatu dengan ketinggian 8.574 kaki dari permukaan laut. Kota ini dihuni 910 warga dan digelari salah satu tempat terdingin di bumi. Suhu rata-rata yang tercatat di kota ini tiap tahunnya adalah minus 2 derajat Celcius.

4. International Falls, Minnesota

Salah satu kota terdingin di Amerika Serikat ini dihuni 6.424 jiwa. Kota ini letaknya tak jauh dari Sungai Rainy yang menghubungkan Ontario dengan Kanada. Suhu terendah tercatat di tempat ini adalah minus 48 derajat Celcius.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Oymyakon, Rusia

Oymyakon adalah desa terdingin di bumi dengan penduduk 1.200 orang. Teknologi belum masuk ke tempat ini. Desa ini dapat dicapai setelah dua hari perjalanan dari Kota Yakutsk. Penduduk di sini tak pernah senantiasa membiarkan mobil mereka menyala saat diparkir dengan alasan takut suhu dingin membekukan mesin mereka.

6. Verkhoyansk, Rusia

Terletak di tepi Sungai Yana, kota kecil ini dihuni 1.434 warga. Suhu rata-rata di kota ini adalah minus 45 derajat Celcius. Kota ini digelari Kutub Terdingin dengan suhu terendah yang tercatat  minus 62 derajat Celcius.

7. Yakutsk, Rusia

Yakutsk mungkin merupakan kota terdingin di dunia. Kota ini terletak di wilayah Siberia Timur dan dihuni 200.000 jiwa. Suhu rata-rata kota ini adalah minus 50 derajat Celcius yang dapat membekukan air mata Anda.

Nah, terbukti meski digelari tempat-tempat terdingin, banyak orang yang mau tinggal di tempat-tempat tersebut. Manusia memang menakjubkan, ya? 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.