Sukses

10 Gunung Api Paling Aktif

Gunung api-gunung api ini terkenal akan kedahsyatan letusannya. Beberapa bahkan tercatat sebagai letusan terdahsyat sepanjang sejarah.

Citizen6, Jakarta Gunung berapi terdapat di seluruh dunia, tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire). Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik. Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Apabila gunung berapi meletus, magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung berapi meletus keluar sebagai lahar atau lava. Ada 10 gunung berapi paling aktif di dunia menurut likey.today. Apa saja?

1. Gunung Etna

Gunung yang satu ini dijuluki gunung api paling aktif di Eropa. Terletak di Sisilia, Italia, Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi yang tertinggi di dunia. Tingginya 10.922 kaki dengan luas 459 hektar.


Mount Etna Volcano

foto: blogs.ft.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2-4

2. Gunung Api Mauna Loa

Gunung api yang satu ini terletak di Pulau Hawai. Dengan panjang 60 mil dan lebar 30 mil, Mauna Loa disebut-sebut sebagai satu dari lima gunuung berapi dengan massa dan volume paling besar di Amerika Serikat. Volume lava yang dapat dikeluarkan gunung ini adalah 18.000 kilometer kubik.

 

Mauna Loa Volcano

foto: wasabitourshawaii

3. Gunung Nyirangongo

Nyirangongo terletak di bagian Barat Lembah Rift, dekat Danau Kivu, di dalam Taman Nasional Virunga. Tingginya 3.470 meter, lebarnya 2 kilometer, sedangkan kedalamannya 250 meter.

Mount Nyiragongo

foto : boston
 
4. Gunung Merapi
 
Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Letaknya sekitar 28 kilometer di sebelah utara kota Yogyakarta. Gunung ini sering memakan korban jiwa dengan letusannya.
 

Mount Merapi 
 
 foto: boston
3 dari 4 halaman

8-10

 
5. Gunung Geleras
 
Gunung Geleras adalah salah satu gunung api di Kolombia yang paling aktif. Ketinggian gunung ini adalah 4.276 meter di barat daya Kolombia.
 

Geleras Volcano
 
foto: mnn.com
 
6. Gunung Kilimanjaro
 
Gunung yang merupakan gunung tertinggi di Afrika ini sebenarnya merupakan tiga gunung berapi yang menyatu. Dengan demikian, gunung ini merupakan stratovolcano aktif yang paling besar dengan tinggi 19.341 kaki dari atas permukaan laut.
 

Mount Kilimanjaro
 
foto: en.wikipedia.org
 
7. Gunung St. Helens
 
Gunung St. Helens adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di Skamania, Amerika. Tinggi gunung ini adalah 8.368 kaki.
 

Mount St. Helens
 
foto : businessweek
 
4 dari 4 halaman

 
8. Gunung Api TAal
 
Gunung ini merupakan gunung berapi paling aktif kedua di Filipina. Letaknya sekitar 60 kilometer dari selatan Metro Manila.
 
 Taal Volcano
 
foto : thecollectiveint
 
9. Gunung Api Santa Maria
 
Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang paling besar di Barat Guatemala. Letusannya termasuk tiga letusan gunung api terbesar sepanjang abad ke-20, serta termasuk dalam lima letusan paling besar dalam 200 tahun terakhir. Tingginya adalah 3.772 meter.
 

Santa Maria Volcano
 
foto : avcan
 
10. Gunung Api Ulawun
 
 
Gunung ini adalah stratovolvano yang terletak di Pulau Newe Britain, Papua Nugini. Tingginya 2.334 meter dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Papua Nugini.
 

Ulawun Volcano
 
foto : therealbest
 
**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini