Sukses

Indonesia Bisa Tiru Cara Jepang Promosikan Budayanya Ini

Jepang, negara kecil di Asia ini begitu dikenal di seluruh dunia.Bagaimana mereka mempromosikan negerinya?

Citizen6, Jakarta Bagi orang-orang awam mungkin banyak yang belum tahu arti dari anime. Anime adalah sebutan untuk kartun khas jepang, sebenarnya Anime sendiri berasal dari kata "animation", namun karena kosakata orang Jepang berbeda mereka menyebutnya dengan "animeshon" dan lama kelamaan sering disebut anime.

Anime seringkali dianggap sebelah mata karena terlalu kekanak-kanakan. namun anime adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar di jepang selain dari industri otomotif dan film porno mereka.  Anime juga turut berperan dalam promosi kebudayaan dan pariwisata di jepang loh ! mau tau ? kita lihat nih buktinya !

1.    Kota Akihabara

Tidak bisa di pungkiri lagi kalo ini kota adalah kotanya para OTAKU (sebutan untuk penggemar anime jepang), yups apalagi kalau bukan kota Akihabara. Akihabara dulunya hanyalah tempat pusat penjualan alat-alat elektronik di jepang, namun karena kota akihabara masuk menjadi latar belakang di sejumlah ANIME, kota akihabara pun berubah yang dulunya sepi kini menjadi ramai dan menjadi salah satu pusat perekonomian di jepang selain tokyo dan kyoto.


2.    Kota Washimiya

Kota Wahimiya ini terletak di prefektur Saitama, kota pinggiran ini dulunya tidak terlalu terkenal dan penduduknya banyak yang keluar kota Washimiya untuk bekerja, namun semua berubah ketika kota ini menjadi latar belakang
Anime berjudul “Lucky Star”

Kota ini menjadi ramai lagi besandingan dengan anime Lucky Star yang terkenal, perekonomian kota ini pun menjadi terangkat kembali. Bahkan penduduk berterimakasih dengan anime Lucky Star dengan cara mengadakan festival di perayaan ulang tahun anime Lucky Star. WOW ! beneran ? tentu saja. Keren kan ?

3.    Kota Iwami

Kota Iwami merupakan kota di pesisir pantai yang terletak di prefektur Totori, Jepang. Kota ini dulunya Cuma mengandalkan perekonomian dari hasil lautnya saja. Tapi sekarang kota iwami memiliki objek pariwisata yang baru ! Yups itu adalah Tur Wisata Ala Anime FREE !. memang ada ? Ada beneran loh ! nih liat kalau ndakpercaya

Di atas merupakan beberapa contoh kota yang terkenal karena anime. Keren juga ya? Selain kota, Anime juga ikut andil dalam promosi bangunan-bangunan, alat transportasi dan masih banyak lagi. 

 

Gedung serbaguna yang terletak di Odaiba, Tokyo. Gedung ini menjadi latar belakang beberapa anime yang menceritakan saat berada di Comiket. (Comiket adalah acara pameran Manga/komik terbesar di jepang, kalau di indonesia seperti Mangafest.)

Kemudian bangunan baru di jepang bernama Tokyo Skytree. “bukannya ini tokyo tower ya??”. Mungkin sekilas terlihat sama dengan Tokyo Tower, tapi sebenarnya Tokyo Skytree ini lebih tinggi daripada Tokyo Tower.

Maksud pemerintah Jepang membangun Tokyo Skytree sebenarnya adalah sebagai pemancar sinyal televisi, namun karena di buat latar belakang dalam anime, Tokyo Skytree kini menjadi salah satu objek wisata di Jepang.

 
Selain itu anime juga melestarikan tumbuhan khas jepang. Apalagi kalau bukan bunga sakura. Bunga yang terkenal akan warnanya yang cantik juga dimasukkan kedalam anime-anime yang menjadikan bunga sakura kian dikenal oleh masyarakat di luar jepang.

Bagaimana kesan kalian tentang anime sekarang? Keren, tentu saja. Mungkin pemerintah indonesia juga bisa meniru cara promosi yang di lakukan oleh pemerintah jepang ini. Selain menghemat biaya, dengan promosi lewat anime juga membuka lapangan kerja bagi animator-animator berbakat di indonesia serta menambah jumlah wisatawan ke indonesia.

Pengirim:

Kuncoro Bintang Putra Adhi Tirta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.