Sukses

Pantai Grewengan, Keindahan Gunung Kidul yang Tersembunyi

Jogja menyimpan keelokan alam yang belum dikenal banyak orang. Salah satunya adalah pantai ini.

Citizen6, Jakarta Bosan dengan suasana tahun baru yang identik dengan keramaian? Anda bisa mencoba untuk liburan dengan tema back to nature, salah satu alternatif nya adalah liburan ke Pantai.  Pantai memang merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati.

Namun pasti anda tidak nyaman dengan  banyak sampah yang berceceran atau terlalu banyak pengunjung yang membuat anda tidak bisa menikmati keindahan pantai secara maksimal. Untuk anda yang merindukan susana pantai yang tenang, pantai Grewengan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Yogyakarta sempatkanlah untuk mampir ke pantai ini, letaknya di kecamatan Girisubo Gunungkidul. Sebenarnya pantai ini berada di sebelah timur Pantai Wediombo, namun belum banyak orang yang mengetahui pantai ini.

Salah satu alasannya adalah akses menuju pantai ini tidak mudah, bayangkan saja,  untuk sampai ke pantai ini, Anda harus melewati ladang, tebing yang naik turun dan bukit – bukit kecil sejauh 2km. Namun sebenarnya keindahan yang ditawarkan Pantai Grewengan setimpal dengan kelelahan yang harus dilalui.

Karena belum banyak yang tahu Pantai Grewengan, di Pantai ini suasananya masih sangat sepi dan keasriannya masih terjaga. Jadi sebenarnya pantai ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai jiwa petualang dan sekaligus suka dengan ketenangan.

Untuk anda yang ingin pergi ke pantai Grewengan silahkan memarkirkan kendaraan di Pantai Wediombo.  Setelah itu Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km. Dalam perjalanan, anda dijamin tidak akan bosan karena anda akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah.

Disarankan untuk membawa air minum sendiri karena selama perjalanan dan sesampainya di pantai nanti anda tidak akan menemukan orang yang berjualan air minum.  Dan sebaiknya anda memakai sepatu olahraga, karena jalan yang harus dilewati hampir mirip seperti ketika anda naik gunung atau outbond.

Sesekali anda akan menemui warga yang sedang mencari rumput dan beberapa rumah penduduk. Jika anda belum pernah kesini, lebih baik anda meminta jasa tour guide atau juga bisa bertanya ke warga yang ada disekitar karena memang jalan menuju pantai ini tidak ada tanda petunjuknya.  Anda juga harus menyiapkan stamina dan mental kuat karena perjalanannya lumayan jauh dan pastinya melelahkan. Medan yang dilalui juga lumayan berat karena jalannya naik turun.

Namun semua kelelahan itu akan terbayar sesampainya anda di Pantai Grewengan. Pasirnya yang putih, air nya yang sangat biru, dan satu lagi pantai ini sangat tenang, cocok untuk anda yang ingin menyendiri dan menjauh dari hingar bingar kehidupan kota. Namun anda harus berhati – hati, karena pantai ini memiliki ombak yang besar, ombak khas pantai selatan. 

Di pinggir - pinggir pantai anda juga tidak akan menemukan orang yang berjualan ataupun rumah penduduk. Sehingga Pantai ini sangat cocok untuk relaksasi. Anda juga bisa mencoba untuk membaca buku, mendengarkan musik, dan bersantai di Pantai ini, karena dijamin sensasinya pasti beda dengan melakukannya di tempat lain. Dengan segala ketenangan dan keasriannya yang masih terjaga, pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Pengirim:

Arina Sekar Ayu Pertiwi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.