Sukses

7 Tips Cara Meningkatkan Kapasitas Otak

Setiap orang diciptakan dengan kapasitas memori otak yang berbeda-beda.

Citizen6, Jakarta Kita sudah berada di penghujung tahun 2014, dan akan segera memasuki tahun 2015 dimana Ujian Nasional (UN) masih akan berlangsung. Pastinya Anda para pelajar sudah mempersiapkan diri dari sekarang bukan? Namun, sudah siapkah Anda dengan semua materi yang telah diajarkan, atau Anda mengalami kesulitan untuk mempelajari materi yang begitu banyak?

Setiap orang diciptakan dengan kapasitas memori otak yang berbeda-beda. Tetapi, tahukah Anda bahwa ingatan kita dapat dipertajam? Tidak hanya berlaku bagi pelajar atau mahasiswa tetapi bagi semua kalangan. Berikut merupakan 7 tips mempertajam ingatan:

1. Senam otak

Di sela-sela aktifitas Anda, cobalah untuk melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan menghirup udara segar sambil memberi beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sendiri. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti menyebutkan 10 benda yang ada di dapur, 10 benda di ruang kelas, atau pertanyaan-pertanyaan yang memancing daya ingat lainnya.

2. Makanan otak

Seperti tubuh, otak membutuhkan nutrisi atau makanan. Jenis makanan yang baik untuk otak yakni sayuran hijau dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, selada, pisang, mangga, dsb. Di samping itu, mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung omega-3 seperti salmon dan tuna, dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

3. Minum air yang cukup

Semua organ di tubuh kita, ‘tak terkecuali otak, membutuhkan air untuk mengoptimalkan fungsinya masing-masing. Idealnya, kita harus minum 8 gelas air setiap hari. Jangan menunggu tenggorokan kering, tetapi minumlah sebelum haus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

4. Mengistirahatkan otak

Belajar itu baik, namun menjadi tidak baik jika terlalu memaksa otak untuk terus bekerja. Tidur merupakan cara paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran Apakah Anda sedang belajar, bekerja, atau melakukan aktivitas lain, mengurangi jatah tidur merupakan awal dari bencana. Maka dari itu, tidurlah secukupnya, minimal 6 jam sehari.

5. Pause break

Saat belajar, berilah timer untuk belajar Anda. Misalkan berhenti selama 10 menit setelah belajar selama satu jam. Gunakan waktu 10 menit tersebut untuk sekedar berjalan-jalan sambil menghirup udara segar atau melakukan olahraga kecil seperti melompat-lompat di tempat. Latihan fisik meningkatkan kadar oksigen dalam otak dan mengurangi resiko penyakit yang menyebabkan berkurangnya daya ingat.

6. Bermain teka teki silang

Memecahkan misteri dalam teka teki silang merupakan cara yang terbukti sangat ampuh untuk melatih ketajaman otak Anda. Otak dilatih untuk berpikir lebih kritis dan cepat.

7. Memory Rotate

Cobalah untuk mengingat kembali memori indah di masa lalu. Mengingat kejadian yang sudah lampau dapat memancing daya ingat bahkan bisa membuat kita tertawa. Dan dari helpguide.org, tertawa baik untuk otakmu. Maka dari itu, sering-seringlah tertawa dan jangan menahannya.(ule)

Pengirim:

Puspita Mei Wardani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.