Sukses

Ingin Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan? Ini Tipsnya

Musim hujan seperti saat ini merupakan musim yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit

Citizen6, Jakarta Musim hujan seperti saat ini merupakan musim yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit karena suhu udara yang rendah. Penyakit yang sering menyerang pada saat suhu tubuh rendah antara lain flu, batuk, alergi, biduran, dehidrasi, mimisan bahkan yang lebih parah seperti hipotermia, gangguan syaraf Bell’s Palsy, frostbite (pembekuan kristal es didalam jaringan tubuh) dan lain-lain.

Agar tubuh kuat dan tidak terserang oleh penyakit-penyakit tersebut, maka penting bagi Anda untuk menjaga kehangatan tubuh. Berikut ini merupakan ulasan tips menghangatkan tubuh saat musim hujan:

1. Makan makanan yang dapat menyehatkan darah

Tubuh yang dingin disebabkan oleh perubahan suhu darah, oleh karena itu penting bagi Anda untuk makan makanan yang menyehatkan darah agar suhunya tidak mengalami perubahan. Makanan yang menyehatkan darah antara lain sayur dan buah-buahan.

2. Makan makanan yang mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi

Kemampuan tubuh untuk menahan udara dingin dipengaruhi oleh pasokan kalsium dan zat besi. Makanan yang mengandung kalsium adalah susu, kacang, rumput laut, kerang, tiram, sarden, dan udang. Makanan yang mengandung zat besi adalah kuning telur, hati hewan, kedelai, biji wijen dan jamur hitam.

3. Mandi di sumber air panas

Sumber air panas mengandung sulfur yang merupakan zat yang dapat menghangatkan tubuh. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mandi di sumber air panas karena menghangatkan badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

4. Berolahraga setengah jam setiap hari

Meskipun Anda tidak bisa sering beraktivitas di luar rumah, namun jangan lupa untuk tetap berolahraga indoor seperti push up, sit up, dan jenis olahraga indoor lainnya. Dengan berolahraga dapat memicu otot untuk tetap bergerak dan memperlancar sirkulasi darah sehingga badan tetap hangat.

5. Minum yang banyak

Saat musim hujan udara menjadi kering sehingga penting bagi Anda untuk minum air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.

6. Mengatur fungsi limpa dan lambung

Aturlah fungsi limpa dan lambung Anda dengan mengkonsumsi labu, ubi, buah wolfberry Cina, dan ganoderma glossy agar limpa dan lambung anda tetap kuat.

7. Merendam kaki dengan air hangat

Jika Anda tidak terbiasa mandi air hangat, maka Anda bisa menghangatkan tubuh dengan cukup merendam kaki Anda dengan air hangat, karena hal ini dapat memperlancar sirkulasi darah yang menyebabkan tubuh Anda tetap hangat.

8. Masukkan aroma terapi jeruk ke botol kecil serta minyak peppermint dekat tempat tidur

Penting bagi Anda untuk meletakkan aroma terapi jeruk dan minyak peppermint di dekat tempat tidur Anda karena aroma jeruk dan peppermint berkarakter hangat dan menyingkirkan virus.(ule)

Pengirim:

Monica Hayunindya Patria Paramesthi

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini