Sukses

4 Hal Ini Selalu Menjadi Budaya Saat Natal

Bulan Desember adalah bulan dimana umat Kristiani antusias dengan kemeriahan dan suka cita menyambut Natal.

Citizen6, Jakarta Natal merupakan perayaan umat Kristiani untuk memperingati dan menyambut lahirnya Yesus Kristus. Bulan Desember adalah bulan dimana umat Kristiani antusias dengan kemeriahan dan suka cita menyambut Natal.

Ternyata, tidak hanya umat manusia saja yang antusias. Namun juga berbagai tempat di sekitar kita, benda-benda bahkan makanan juga ikut meramaikan kemeriahan Natal. Pernak-pernik tersebut terkadang hanya dijumpai pada saat Natal tiba. 

1. Pohon Natal

Pohon Natal adalah benda yang paling mencirikan dalam suatu perayaan Natal. Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.  

Pohon ini berbentuk seperti pohon cemara yang kemudian dibagian daun-daunnya diberi hiasan-hiasan lucu, seperti lonceng-lonceng kecil, bola-bola lampu yang melingkari pohon natal, boneka Santa Claus dan biasanya di pucuk pohon ini diberi hiasan bintang atau malaikat. Pemasangan pohon cemara, baik asli maupun yang terbuat dari plastik, di tengah kota atau di tempat-tempat umum pun menjadi pemandangan biasa menjelang Natal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Santa Claus

2. Santa Claus

Dibenak kita wujud dari Santa Claus adalah pria berjenggot putih dengan perut yang besar serta berpakaian serba merah. Umat Katholik memiliki legenda tentang Santa Claus, seorang bernama Santo Nikolas, kemudian menjadi legenda sebagai Bapa Natal yang suka memberi hadiah kepada anak-anak.

Santa Claus merupakan tokoh mitos yang dikatakan tinggal di Kutub Utara, dimana beliau membuat mainan sepanjang tahun. Walaupun hanya mitos belaka, namun ada pernak-pernik yang menggambarkan wujudnya, seperti boneka Santa Claus, gantungan di pohon Natal bahkan ada mainan yang bisa meniru suara Santa Claus “ho ho ho ho Merry Christmas ho ho ho”.

3 dari 4 halaman

Tukar kado

3. Tukar menukar kado

Biasanya menjelang dan saat Natal tiba kado-kado diletakan dibawah pohon Natal, bentuknya beragam, ukuran dan warnana juga beragam. Anak kecil biasanya sangat antusias dengan kegiatan ini, ibarat momen ini adalah yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Tukar menukar kado dilakukan setelah perayaan Natal dengan sanak saudara, keluarga atau kerabat dekat. Disamping itu, satu sama lain juga mengirimkan kartu ucapan Natal. 

4 dari 4 halaman

Makan malam bersama

4. Makan malam bersama

Perayaan dan kemeriahan Natal disambut juga dengan makan malam bersama, biasanya dengan keluarga dan sanak saudara. Di negara lain biasanya menghidangkan menu kalkun. Selain itu, banyak yang mengadakan pesta perjamuan persis sebelum dan sesudah Natal. Makan malam ini menambah kehangatan dan keakraban dalam menyambut lahirnya Yesus Kristus yang datang ke dunia.(ule)

Pengirim:

Ajeng Gendari Sayang
Twitter: @corneliaajeng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.