Sukses

Setelah Cilok dan Cimol, Kini Olos Makin Populer

Olos, camilan ini memang belum setenar cilok, basreng atau cimol yang telah mengindonesia. Namun cemilan khas Tegal ini tak kalah maknyusnya

Citizen6, Tegal Olos, nama makanan ini mungkin terdengar asing. Tapi ketika anda mencobanya, makanan ini pasti bakal bikin ketagihan buat yang suka pedas atau pun yang tidak terlalu suka pedas. Olos adalah makanan khas Kota Tegal yang berebentuk bulat, terbuat dari  campuran tepung terigu, aci, lobak (kol), cabai rawit dan bumbu-bumbu dapur lainnya.

Yang membuat makanan ini menjadi lebih enak rasa khasnya yaitu pedas.  Jadi jangan kaget apabila Anda menemukan potongan cabai rawit di dalamnya.

Olos akan lebih nikmat saat dimakan dalam keadaan hangat. Camilan ini sangat digemari oleh masyarakat khususnya daerah Tegal. Penggemar olos ini cukup banyak di kalangan remaja karena para remaja ini sangat menyukai rasa yang pedas dan gurih untuk dimakan, apalagi pada saat nongkrong untuk hidangan malam atau cemilan malam.

Di kota asalnya jajanan ini dapat ditemui dengan mudah di pinggir-pinggir jalan. Biasanya para pedagang olos berjualan di depan sekolah seperti SD, SMP, atau SMA. Setiap pedagang menjanjikan rasa yang berbeda dan kepedasan yang berbeda pula, bentuk pun sampai beda, ada yang bulat kecil ada yang bulat besar itu tergantung lidah dan selera masing-masing.

Olos akan lebih nikmat saat dimakan dalam keadaan hangat. Tapi sayangnya untuk daerah luar Tegal dan sekitarnya makanan ini masih susah untuk dicari. Seiring perkembangan selera, para pedagang olos berinovasi dengan membuat olos aneka rasa.

Sekarang olos tidak hanya berisi sayuran dan cabai rawit yang pedas, tetapi ada juga olos isi ayam, sosis, bakso,  yang rasanya tidak pedas. Jadi jangan khawatir untuk Anda yang tidak suka pedas. Ada juga olos kocok, olos kocok adalah olos yang diberi tambahan berbagai rasa bumbu seperti Barbeque, keju, pedas dan manis.

Tertarik untuk mencobanya? Jika Anda sedang berkunjung ke Tegal, jangan lupa untuk mencoba jajanan yang satu ini. Dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Penulis:

Abiyyu Febi Diwangkoro
Jurusan : Ilmu Komuikasi
Universitas : Universitas Diponegoro

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini