Sukses

Melihat Kembali Penyebab Tsunami Aceh 2004

Tsunami Aceh, yang terjadi sepuluh tahun lalu, sampai sekarang masih banyak yang mempertanyakan apa penyebab sebenarnya.

Citizen6, Jakarta Beberapa orang awam masih meragukan tentang penyebab tsunami Aceh 2004 yang sangat dahsyat tersebut. Untuk memberikan pemahaman yang benar tentang penyebab tsunami Aceh 2004 saya mempublikasi tulisan ini. Pada tulisan sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan tentang sumber-sumber gempa di Sumatra.

Pada tulisan tersebut, sudah tergambar dengan jelas bagaimana kondisi geologi Indonesia khususnya pulau Sumatra sehingga menjadi kawasan yang rawan terhadap gempa dan tsunami. Kesiapsiagaan kita dalam menghadapi gempa dan tsunami menjadi wajib hukumnya karena kita memang tinggal di zona tersebut.

Gempa besar dan tsunami yang terjadi 8 tahun lalu tentu masih terngiang-ngiang dalam ingatan kita khususnya orang Aceh. Gempa dan tsunami 26 Desember 2004 tersebut telah melululantahkan provinsi Aceh, Sumatra Utara dan beberapa negara tetangga. Kejadian ini telah mengingatkan kita bahwa gempa dan tsunami bisa terjadi kapan saja tanpa ada peringatan.

Selengkapnya

Pengirim:

Ibnu Rusydy

Twitter: @melek_bencana 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.