Sukses

6 Kehebohan Sosial Media di Tahun 2014

Di tahun 2014 banyak muncul peristiwa yang membuat heboh onliner hingga menjadi trending topic.

Citizen6, Jakarta Sepanjang tahun 2014 ini, para pengguna sosial media banyak dihebohkan dengan berbagai kemunculan sosok ataupun berbagai hal yang menarik perhatian sehingga menjadi trending topic di berbagai jejaring sosial. Penasaran, apa saja yang disoroti para onliner? Berikut ulasannya: 

1. #AlexFromTarget  

November merupakan bulan yang baik bagi Alex Lee. Seorang remaja Texas berumur 16 tahun yang bekerja sebagai kasir di perusahaan ritel bernama Target ini menjadi sosok yang ngetop secara tidak disengaja.

Mulanya, seorang pengguna Twitter dengan akun @auscalum mengunggah foto Alex yang sedang memasukkan belanjaan di kasir. Setelah diunggah di twitter, pengguna Twitter dengan akun @_twerkcam menyebarkan foto tersebut dengan hashtag “#AlexFromTarget”. Hasilnya luar biasa, postingan mengenai kasir berparas tampan tersebut menjadi trending hashtag di seluruh dunia dan pemberitaan mengenai foto Alex diekspos berbagai media AS.

Kurang dari 24 jam setelah pemberitaan postingan tersebut, Twitter milik Alex diketahui banyak orang yang terobsesi oleh dirinya. Akhirnya, remaja dengan akun @acl163 ini mendapatkan pengikut dengan jumlah kurang lebih 300.000 followers yang tadinya hanya berjumlah 144 followers. Twitternya pun di-verified ditambah ia menjadi bintang tamu dalam talkshow Ellen De Generes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sabina Altynbekova

2. Sabina Altynbekova

Pemain voli asal Kazakhstan ini menjadi sensasi di sosial media berkat kiprahnya di Asian Women Volleyball U-19 Championship di Taiwan yang tersorot media. Apakah berkat permainannya? Tidak, Sabina bisa dikatakan lebih sering menghuni bangku cadangan alias bukan pemain utama di timnas voli Kazakhstan. Lantas kenapa? Jawabannya, karena kecantikannya.

Kecantikannya mengusik kameramen pertandingan untuk sering menyorotnya. Begitu juga dengan media Taiwan dan media online untuk mengangkatnya sebagai bahan pemberitaan. Seiring waktu, netizen mulai terpana olehnya.

Hal ini berujung munculnya berbagai penggemar dadakan Sabina di media sosial karena frekuensi pembahasan yang sering dan foto serta videonya yang tersebar cepat di internet. Antusiasme muncul dimana-mana untuk menyaksikan Kazakhstan (tepatnya Sabina) bertanding. Tapi, hasilnya berujung tidak baik. Perempuan berumur 17 tahun ini diprotes pelatihnya karena membuat penonton “salah fokus” di pertandingan dan seolah menganggap hanya ada satu pemain saja di pertandingan. 

3 dari 6 halaman

ALS Ice Bucket Challenge

3. ALS Ice Bucket Challenge

Salah satu bentuk kepedulian atas suatu penyakit yang sangat populer di dunia maya. Berbagai kalangan melakukan hal ini, dari pengusaha sampai artis, dari yang populer sampai orang biasa. Ice Bucket Challenge ini dilakukan dalam rangka mempromosikan kepedulian atas penyakit amyotrophic lateral sclerosis(ALS).

Tantangan ini dilakukan dengan menyiramkan seember es ke kepala peserta. Setelah dilakukan, peserta akan diminta untuk menominasikan 3 orang untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Jika tidak dilaksanakan dalam jangka waktu tersebut, orang yang dinominasikan diminta untuk menyumbangkan sejumlah uang untuk donasi.

Sebenarnya kemunculan tantangan ini dimulai dari pegolf Chris Kennedy yang terinspirasi Cold Water Challenge. Cold Water Challenge merupakan penggalangan dana di Selandia Baru untuk pasien kanker yang dilakukan dengan menyiramkan seember air dingin dan difilmkan, kemudian disebar secara online agar mendapat perhatian. Kennedy yang melakukannya di program TV Golf Channel Morning Show ini menantang sepupunya yang bernama Jeanette yang memiliki suami penderita ALS. Jeanette pun membalas tantangan dari sepupunya yang seorang pegolf dan memfilmkan aksinya. Pat Quin, seorang penderita ALS mengetahui aksi Jeanette tersebut. Bersama rekannya Pete Frates yang seorang penderita ALS juga, mereka membuat kampanye berupa tantangan ini. Postingan video mereka diterima dengan baik dan kemudian tantangan ini tersebar luas di internet.

Aksi ini menjadi fenomena luar biasa di berbagai media sosial. Tercatat di YouTube saja, terdapat kurang lebih 456 ribu video ALS Ice Bucket Challenge dengan jumlah ditonton mencapai kurang lebih 1,3 triliun kali di seluruh video YouTube.Wow!

4 dari 6 halaman

Flappy Bird

4. Flappy Bird

Internet memang biasa dihebohkan dengan video, gambar, dan hashtag yang beredar media sosial. Tetapi bagaimana dengan game? Flappy Bird adalah game yang mencapai puncak kepopuleran di awal tahun 2014. Game ini diciptakan oleh lelaki asal Vietnam yang bernama Dong Nguyen di tahun 2013. Dalam memainkannya, game berbasis smartphone ini dilakukan dengan cara mengetuk layar agar burung terbang, dan burung tersebut harus melewati pipa-pipa yang ada. Setiap melewati pipa, pemain akan dapat 1 (satu) skor.Game bergrafis 8-bit ini terdengar mudah, tetapi banyak sekali yang menghadapi kesulitan.

Jika timing mengetuk layar tidak pas, maka burung akan jatuh atau menabrak pipa sehingga gagal. Disinilah sisi adiktif Flappy Bird. Pemain akan merasa penasaran dan mencoba terus menerus untuk mengalahkan high score yang mereka (atau temannya) capai. Tapi, tidak sedikit juga pemain yang berujung emosi karena gagal melewati target skornya. Lalu, kabar mengenai game ini akhirnya menyebar ke berbagai dunia dan game ini akhirnya menjadi game gratis yang paling banyak di-download di iOS App Store.

Pembuatan game ini sebenarnya ditujukan untuk dimainkan saat santai, tetapi melihat reaksi orang-orang dan besarnya rasa ketagihan (yang berujung emosi) atas game ini, membuat Dong Nguyen menutup game buatannya dari App Store. Resminya, pada tanggal 8 Februari 2014. Menurutnya, game buatannya hanya membawa masalah dan masalah tersebut harus dihilangkan.

Maka, ia menghapus Flappy Bird. Reaksi penghapusannya negatif. Orang-orang bahkan sampai mengirimkan ancaman pembunuhan dan kabar HOAX bahwa Nguyen bunuh diri. Tetapi, game ini kembali dirilis dengan versi yang berbeda pada bulan Agustus 2014. Menggunakan nama Flappy Birds Family.

5 dari 6 halaman

Tim Howard

5. Tim Howard

Tim Howard adalah seorang kiper timnas Amerika Serikat yang kini bermain di klub Everton. Pada bulan Juni silam, Howard bermain untuk membela AS melawan Belgia di babak 16 besar Piala Dunia. Hasil pertandingannya, AS kalah 1-2 dari Belgia lewat perpanjangan waktu. Tetapi, Howard menjadi bintang pertandingan meskipun timnya kalah. Mantan kiper Manchester United ini menorehkan rekor Piala Dunia, dengan 15 penyelamatan. Aksinya yang luar biasa ini mendapatkan pujian dari berbagai pihak AS, termasuk dari Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel.

Aksi heroiknya menjadikan dirinya sebagai buah bibir di media sosial. Dari Twitter sendiri, ia menjadi trending topic kali itu. Kemudian, muncul bentuk apresiasi yang unik atas penampilan gemilangnya. Howard dijadikan meme. Meme tentang Howard pertama kali muncul dari akun Twitter @SteweyGriffin. Tweet-nya berupa Howard yang mengulurkan lengan untuk menutupi kejadian wardrobe malfunction yang menimpa Janet Jackson di tahun 2004, yang memaksa buah dadanya terlihat di publik. Tidak lupa, dengan hashtag #ThingsTimHowardCouldSave.

#ThingsTimHowardCouldSave tersebar di dunia maya. Berbagai gambar editan Howard menyelamatkan kejadian-kejadian fiksi maupun non-fiksi tersebar di internet, seperti Howard menyelamatkan Titanic, Howard menyelamatkan Mufasa (Lion King), Howard menyelamatkan Ned Stark (Game Of Thrones) dari hukuman mati, dll. Bahkan, di halaman Wikipedia mengenai Chuck Hagel sebagai Menteri Pertahanan AS, sempat diganti menjadi Tim Howard.

6 dari 6 halaman

Bekasi

6. Bekasi

Di Indonesia, kota ini menjadi topik hangat di sosial media. Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini menjadi bahan bully di sosial media. Berbagai meme lucu tersebar diTwitter, Path, dan Instagram serta sosial media lainnya. Bagaimana mulanya ini terjadi? Dan apa alasannya Bekasi dijadikan bahan candaan?

Awalnya, pada gerhana bulan Oktober silam, warga Bekasi tidak bisa melihat gerhana bulan tersebut. Karena keadaan ini, lahirlah joke bahwa Bekasi bukan berada di Bumi. Tidak sampai disana saja. Banyolan mulai menyebar dan kali ini, jarak Bekasi dan ibukota diangkat jadi permasalahan. Munculah meme yang membahas jarak Bekasi yang jauh. Hiperbolanya, untuk ke Bekasi, orang harus naik roket. Kondisi jalan yang buruk dan panasnya cuaca Bekasi, turut meramaikan variasi meme yang dibuat.

Tetapi, berbagai meme yang dibuat para netizen ini bukanlah untuk merendahkan Bekasi, melainkan bentuk humor semata. Dibuktikan dengan berbagai balasan meme bernada humor yang dilakukan oleh netizen Bekasi. Walaupun begitu, masih ada yang menanggapi banyolan tentang Bekasi dengan serius.(ule)

Pengirim:

Luki Viali Tobing

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini