Sukses

6 Pesawat yang Hilang dan Tak Pernah Ditemukan Kembali

Pesawat-pesawat ini mengalami kecelakaan dan tak pernah ditemukan jejaknya hingga kini

Citizen6, Jakarta Pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya ditemukan setelah dilakukan pencarian berhari-hari. Namun tidak demikian dengan pendahulunya, pesawat Malaysia MH370 yang hingga kini tak juga ditemukan keberadaannya. MH370 bukanlah satu-satunya pesawat yang hilang tanpa jejak. Dalam sejarah penerbangan, terdapat beberapa kisah pesawat yang hilang dan ditemukan hingga kini. Apa saja? Dilansir dari theweek.co.uk, berikut kisah pesawat-pesaawat tersebut.

Boeing 727-233

Tahun 2003, sebuah Boeing 727-233 yagn terdaftar dengan nomor N844AA lepas landas di Bandara Quatro de Fevereiro di Luanda, Angola. Pesawat tersebut terbang tanpa adanya komunikasi antara pilot dengan menara pengawas. Pesawat yang lepas landas tanpa izin tersebut mendadak hilang dari radar dan tak terlihat lagi sampai sekarang. Penyelidikan oleh FBI dan CIA pun tak mampu menemukan jawabannya.

Kargo Varig Brasil Airlines

Sebuah pesawat kargo milik Varig Brasil Airlines menghilang pada Januari 1979 tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Narita di Tokyo. Padahal pesawat tersebut membawa 153 lukisan senilai $1,2 juta. Baik pesawat, kru, maupun lukisan yang hilang tak pernah terlihat lagi hingga sekarang.

Pesawat Flying Tiger Line 39

Salah satu misteri yang abadi dalam sejarah penerbangan adalah apa yang terjadi pada pesawat terbang Tiger Baris 739 pada tahun 1932. Pesawat militer AS yang lepas landas dari Guam, Pasifik Barat tersebut tak pernah mencapai tempat tujuan di Filipina. Pesawat tidak mengeluarkan panggilan darurat dan puing-puing sisa pesawat tak pernah ditemukan. Ada yang mengatakan pesawat tersebut meledak di udara, namun dibantah oleh dewan penerbangan AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Segitiga Bermuda

Sejarah hilangnya pesawat tak lengkap tanpa cerita Segitiga Bermuda yang misterius. Beberapa pesawat yang melewati wilayah Bermuda dekat Puerto Rico, Florida, mendadak hilang pada tahun 1940. Dua pesawat jet South American Airways menghilang di daerah tersebut pada tahun 1948 dan 1949. Lima puluh satu penumpang dan awak hilang dalam dua insiden terkait Segitiga Bermuda pula. Mereka menaiki pesawat Star Tiger dan Star Ariel dan hilang saat melewati Bermuda. Beberapa pesawat lain, termasuk lima pesawat pembom AS, hilang pada tahun 1945. Hingga kini pencarian udara dan laut tak menemukan satu jejak pun terkait hilangnya pesawat-pesawat tersebut.

Air France 447

Pada tahun 2009, sebuah pesawat yang terbang dari Rio de Janeiro menuju Paris, jatuh di Samudera Atlantik. 228 penumpang beserta awak kapal dinyatakan tewas. Pencarian bagian-bagian pesawat yang hilang hanya menemukan ‘kotak hitam’. 74 mayat penumoang tidak pernah ditemukan.

Amelia Earhart

Pelopor penerbangan Amelia Earhart hilang saat menerbangkan Lockheed Model 10 Electra. Pesawat tersebut hilang di suatu tempat di atas Samudera Pasifik pada tahun 1937 saat ia mencoba mengelilingi dunia. Meski upaya pencarian telah menghabiskan miliaran dolar, namun sisa-sisa pesawatnya tidak pernah ditemukan hingga kini. Earhart akhirnya dinyatakan meninggal pada tahun 1939 meski spekulasi kematiannya hingga kini masih diperdebatkan.

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini