Sukses

Enakan Mana? Jadi Anak Sekolah Atau Anak Kuliah?

Banyak yang beranggapan jadi anak kuliahan itu menyenangkan. Benarkah?

Citizen6, Jakarta Banyak dari anak-anak sekolahan yang masih duduk di bangku SMP dan SMA berangan-angan untuk bisa cepat-cepat merasakan serunya kehidupan kuliah, menurut mereka. Memang benar, rasanya bebas menjadi seorang anak kuliahan, tapi tidak ketinggalan juga, ada beberapa kebiasaan yang sering kamu lakukan di sekolah tapi tidak akan kamu temukan di bangku kuliah, kira-kira seperti apa rasanya kuliah? Ini dia perbedaannya:

  1. Manajemen waktu pribadi

Berbeda dengan sekolah, kamu ga akan nemuin jadwal mata pelajaran yang seabrek dari pukul 07.00 sampai pukul 13.00 setiap harinya. Bisa aja dalam sehari, kamu hanya akan belajar satu mata kuliah(mata pelajaran) dan itu dimulai dari siang ke sore, atau mungkin pagi ke siang. Jadi, ga akan ada bel-bel pemberitahuan setiap 40 menit sekali kayak yang biasa kamu dengar di sekolah. Itu berarti, kamu harus punya pengaturan waktu sendiri, kapan harus datang agar tidak terlambat, kapan harus berangkat dari rumah, dan sebagainya.

  1. Dituntutnya Kedewasaan

Di kuliah, ga akan ada dosen yang bakal marahin atau bahkan menghukum kamu karena lupa membawa tugas atau belum selesai ngerjain tugas. Tidak seperti guru, dosen hanya akan melihat nomor absen kamu dan mempertimbangkan kira-kira nilai apa yang pantas kamu dapetin atas kelalaian kamu sendiri. Ga akan ada juga dosen yang mengharuskan kamu berbaris dengan rapi dulu sebelum memasuki kelas seperti yang biasa kamu lakukan di bangku sekolah. Jadi, kamu akan dituntut untuk bersikap dewasa dalam melakukan kewajiban kamu sebagai mahasiswa.

  1. Harus adanya kesadaran diri

 Kalo kamu kuliah nanti, kebebasan adalah hak mutlak yang tidak bisa diganggu gugat. Saking bebasnya, kamu ga bakal nemuin orang-orang seperti guru di sekolah atau kepala sekolah yang akan menghubungi orang tua kamu karena membolos, atau jumlah absen yang sudah terlalu banyak, karena nilai yang jelek, atau karena sering membuat keributan di dalam kelas. Kesadaran diri kamu lah yang akan sangat dituntut di dunia perkuliahan. Jadi, tidak akan ada yang melarang kamu untuk cabut kuliah dan sebagainya, asal kamu tau dan mengerti resiko dan konsekuensi apa yang akan kamu terima nantinya.

  1. Tugas yang datang dan pergi setiap saat

Yang terakhir dan tidak kalah pentingya, adalah tugas-tugas anak kuliahan yang tidak akan kamu temukan di bangku sekolah. Berbeda dengan sekolah, tugas-tugas yang akan kamu terima di bangku kuliah tentulah akan lebih berat dan sulit apabila dibandingkan dengan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan di sekolah. Beberapa dosen bahkan akan dengan senang hati menyuruh kamu untuk meringkas 5 bab sebuah buku tebal hari ini, dan mewajibkannya untuk terkumpul dengan manis di meja beliau pukul 07.00 keesokan harinya.

Tentulah mental dan fisik kalian akan terasah lebih dalam di bangku kuliah nanti. Jadi, apa kalian sudah siap untuk menjadi seorang mahasiswa?

Pengirim:

ABIYYU FEBI DIWANGKORO

ILMU KOMUNIKASI / UNIVERSITAS DIPONEGORO

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.