Sukses

10 Negara Kecil nan Kaya di Dunia

Meski terbilang kecil, negara-negara ini merupakan negara-negara paling kaya di dunia

Citizen6, Jakarta Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Cina tidak hanya merupakan negara yang besar, tetapi juga kaya. Meski begitu, ternyata ada beberapa negara yang terbilang kecil namun sangat kaya dengan sumber daya alam dan manusianya. Berikut negara-negara kecil nan kaya tersebut menurut listabuzz.com

Brunei Darussalam

Negara yang terletak di bagian atas Pulau Kalimantan ini sungguhpun negara yang kecil namun sangat kaya. Pendapatan per kapita mereka adalah sekitar $50.0321. Negara ini diberkahi cadangan minyak mentah yang memainkan peran utama dalam membuat Brunei menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Pemerintah Brunei juga banyak mengambil keuntungan dari peluang investasi yang dimiliki beberapa lembaga terkenal di Amerika Serikat dan Eropa Barat. Pemerintah setempat bahkan menawarkan subsidi kesehatan dan pendidikan bagi warga negaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Republik Seychelles

Republik Seychelles

Seychelles flag - Small But Rich Countries

Dianggap sebagai negara terkaya di Afrika dengan pendapatan per kapita sekitar $25.500. Negara kecil ini sebenarnya merupakan negara kepulauan dengan lebih dari seratus pulau kecil yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini memiliki populasi yang tak terlalu besar dengan berbagai hotel mewah yang dibangun di dekat pantai mereka nan cantik.

3 dari 10 halaman

Luxemburg

Luxemburg

Nationa Flag uxembourg - Small But Rich Countries

Dengan pendapatan per Kapita $80.600, negara ini menjadi negara yang harus diperhitungkan dalam ekonomi Eropa. Negara ini terkenal dengan tingkat pengangguran yang rendah dan minimnya inflasi pasar. Hal ini menyebabkan tumbuhnya ekonomi yang solid di negara tersebut.

4 dari 10 halaman

Singapura

Singapura

singapore - Small But Rich Countries

Sering dianggap sebagai pusat keuangan dan teknologi Asia Tenggara, negara ini memiliki pendapatan per kapita sekitar $60.000. Singapura menawarkan pasokan elektronik serta farmasi untuk diekspor ke negara-negara lain. Meningkatnya jumlah investor asing juga membuat Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Dan jangan lupa, negara ini kerap menjadi tujuan belanja kaum elit Indonesia.

5 dari 10 halaman

Equatorial Guinea

Equatorial Guinea

National flag of  Equatorial Guinea - Small But Rich Countries

Dengan pendapatan per kapita sekitar $19.901, negara ini kerap disebut-sebut sebagai negara terkaya kedua di Benua Afrika. Penemuan minyak di negara ini memainkan peran utama dalam penambahan pendapatan negara.

6 dari 10 halaman

Qatar

Qatar

qatar nationa flag

Qatar adalah negara kaya minyak yang terletak di benua Asia. Dengan pendapatan per kapita $98.948, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Berbagai cadangan minyak mentah dan gas alam menyokong pendapatan negara yang satu ini.

7 dari 10 halaman

San Marino

San Marino

San Marino national flag

Negara ini memiliki pendapatan per kapita $43.089. Negara ini bergantung pada pariwisata sebagai pendorong utama perekonomian warganya. Lembaga keuangan dunia bahkan menunjuk San Marino sebagai negara dengan tarif pajak paling rendah di dunia. Hal ini membuat banyak investor asing yang tak ragu menanam uang mereka di sana.

8 dari 10 halaman

Kuwait

Kuwait

kuwait national flag

Ekonomi Kuwait tergantung pada cadangan minyak dan gas alamnya. Dengan pendapatan per kapita $41.401, Kuwait merupakan salah satu negara kecil terkaya di dunia. Negara ini terletak di wilayah Timur Tengah dan menjadi salah satu negara terkaya di Asia.

9 dari 10 halaman

Islandia

Islandia

iceland national flag

Memiliki pendapatan per kapita $38.060 membuatnya menjadi salah satu negara kecil terkaya di dunia. Ekonomi negara ini tergantung pada industri perikanan yang menyumbang hingga 15% pendapatan negara. Perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di bidang bioteknologi dan industri perangkat lunak juga memainkan peran utama menjadikannya negara kaya.

10 dari 10 halaman

Botswana

Botswana

botswana national flag

Dengan pendapatan per kapita $16.578 membuat negara dengan populasi sekitar 2,3 juta orang ini menjadi salah satu negara terkaya di Afrika. Sektor pariwisata merupakan sektor penting di negara ini. Selain itu, penggemukan sapi dan pertanian tanaman pangan juga membantu meningkatkan perekonomian negara. Dengan perkembangan industri dan infrastruktur yang baik, diprediksi perekonomian negara ini masih akan meningkat secara drastis.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini