Sukses

Kopi dan Racikannya yang Menggoda

Kopi dapat diracik menjadi berbagai macam sajian. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Siapa sih di dunia ini yang tidak menyukai kopi? Kopi sudah menjadi teman bekerja, teman ngantor, bahkan teman saat mesti lembur dan bergadang. Beberapa orang bahkan tak bisa hidup tanpa kopi. Hari-hari mereka terasa kurang lengkap tanpa kopi.

Nah, agar tidak bosan dengan kopi yang itu-itu saja, coba beberapa kreasi kopi berikut ini. 

Cappucino

 

Kopi yang satu ini sudah sangat terkenal di manapun. Dengan tiga komposisi utama yakni espresso, susu, dan foam, cappucino menjadi kopi yang paling populer di dunia. Kopi jenis ini biasa dihidangkan dengan foam atau busa yang tebal. Di Indonesia, masyarakat dapat mengonsumsi cappucino kapan saja. Di Italia sendiri, cappucino hanya diminum secangkir pada pagi hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Long Black

Kopi yang satu ini penyajiannya tak kalah unik. Espresso baru dituangkan di atas air panas. Tujuannya agar rasa espresso tidak rusak. Kopi Long Black populer di Australia dan biasa menggunakan biji kopi yang berasal dari Ethiopia dan Sumatera.

Kopi Joss

Kalau kopi yang satu ini, pasti tak asing bagi orang-orang Yogyakarta. Hampir setiap tempat di Yogyakarta menyediakan kopi ini. Penyajiannya yang unik membuat orang-orang tertarik mencobanya. Segelas kopi panas kemudian diberi arang dengan bara yang masih panas. Rasanya sangat Joss!

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Espresso

Kopi yang ini dibuat dengan teknik khusus. Biji kopi dimasukkan ke dalam mesin penggiling, kemudian air dialirkan dengan tekanan yang sangat tinggi. Hal ini membuat ekstrak kopi keluar bersama air. Air tersebutlah yang kemudian dipanaskan dan dihidangkan.

Caffe Latte

Kopi yang ini dibuat dari sepertiga espresso ditambah dua per tiga susu serta foam setebal 5-10 mm di atasnya. Kopi yang kerap disebut kopi susu ini populer di Amerika. Tiap negara mempunyai nama yang berbeda-beda untuk kopi yang satu ini.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Americano

Merupakan kopi yang terbuat dari espresso dengan banyak air sehingga rasa kopi tidak begitu kuat. Biasa disajikan dalam gelas besar.

Macchiato

Dibuat dari espresso yang ditambah sedikit susu yang tidak diaduk dan dibiarkan mengendap di bagian atas espresso. Selain menggunakan susu kental, kadang digunakan pula buih susu untuk menandai kopi jenis ini mengandung susu.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Frappucino

Terbuat dari kombinasi frappe dan cappucino. Frappe sendiri berarti susu kocok yang kental. Kopi jenis ini hak ciptanya sudahdibeli oleh Starbucks.

Kopi Tubruk

Kalau kopi ini kopi tradisional yang dibuat dari biji kopi yang ditumbuk secara tradisional. Karena ditumbuk secara tradisional sudah tentu butiran-butiran kopinya masih terasa. Kopi yang sudah ditumbuk langsung diseduh dan diminum saat masih panas.

Nah, racikan kopi yang manakah kesukaan Anda?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini