Sukses

Mati-matian Diet Tetap Tidak Langsing? Ini Penyebabnya

Anda mungkin sudah melakukan berbagai usaha agar bisa kurus. Tapi diet Anda tidak berhasil? Mungkin ini penyebabnya

Citizen6, Jakarta Tampil cantik merupakan dambaan setiap wanita. Di Indonesia, memiliki tubuh langsing merupakan bagian dari kecantikan. Banyak wanita yang ingin mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal.

Tak jarang mereka melakukan diet super ketat yang sungguh menyiksa. Tak jarang pula usaha mereka sia-sia. Pasti ada yang salah kalau upaya penurunan berat badan yang Anda lakukan tidak berhasil. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Konsumsi Lemak Berlebihan

Makanan yang mengandung lemak rasanya memang lebih nikmat. Tidak heran jika banyak orang yang sulit membatasi konsumsi lemak sehari-hari. Kebanyakan orang mengonsumsi lemak sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya, bahkan lebih. Padahal, penelitian membuktikan bahwa semakin banyak lemak yang dikonsumsi, semakin sedikit Anda menyerap nutrisi lainnya, yang berakibat mendorong Anda untuk kelebihan berat badan.  

  1. Tidak Sarapan

Kalau Anda menghindari sarapan karena takut gemuk atau ingin menurunkan berat badan, berarti Anda salah strategi. Sarapan justru dapat menurunkan berat badan. Melewatkan sarapan telah membuat tubuh kelaparan. Akibatnya, saat makansiang atau sore, nafsu makan Anda semakin besar dan berakibat pada meningkatnya berat badan.

  1. Tidak Pernah Mencatat

Mungkin sebagian besar orang tidak menganggap penting untuk mencatat setiap makanan yang dikonsumsinya dan kapan saja mereka boleh makan. Padahal, cara ini akan membantu mengidentifikasi situasi yang mencetuskan Anda untuk makan berlebihan dan menuntun Anda membedakan antara makan karena kesadaran atau makan karena nafsu.

  1. Kecanduan Gula

Hampir semua orang menyukai gula karena rasanya yang manis. Itulah sebabnya gula tidak pernah absen dari meja makan atau dapur setiap rumah tangga di Indonesia. Minum teh, kopi, atau jus pun rasanya kurang nikmat tanpa kehadiran gula di dalamnya. Gula dapat menghambat penurunan berat badan. Mulailah mengurangi konsumsi gula dengan tidak membiasakan makan kue-kue manis sebagai makanan penutup setiap kali sehabis makan. Gantilah dengan buah-buahan yang memiliki serat tinggi.

  1. Jarang Mengonsumsi Kacang-Kacangan dan Polong-Polongan

Polong-polongan seperti kacang kedelai, kacang merah, dan buncis merupakan jenis makanan rendah lemak yang mengenyangkan, kaya serat, protein, dan karbohidrat. Perbanyak konsumsi polong-polongan dan kacang-kacangan. Lakukan secara bertahap kurang lebih seminggu untuk member kesempatan tubuh beradaptasi dengan penambahan serat pada diet Anda.

  1. Kurang Serat

Mungkin Anda lebih suka mengonsumsi kue dan donat dibandingkan dengan makan buah-buahan, sayuran, atau produk-produk gandum yang kaya serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu mulailah mengganti makanan yang berasal dari tepung terigu dengan buah-buahan atau sayur-sayuran yang lebih mengandung banyak manfaat dan tidak mengandung lemak.

Pengirim:

Amelia Devi Prasanti

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini