Sukses

6 Tanaman Menyeramkan yang Pernah Ditemukan

Tanaman-tanaman ini mempunyai bentuk yang aneh dan menyeramkan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Beberapa tanaman diciptakan dengan bentuk yang menarik. Tanaman-tanaman seperti itu selain disukai manusia, juga dikelilingi oleh serangga-serangga yang membantu penyerbukan. Namun ada beberapa tanaman yang diciptakan dengan bentuk menyeramkan. Apa saja?

Hydnora africana

Tampak seperti gabungan alien dan piranha, membuat tanaman yang satu ini ditakuti banyak orang. Belum lagi cara hidupnya yang seperti parasit menambah buruk namanya. Tanaman ini tidak mempunyai daun untuk fotosintesis sehingga ia hidup dengan menghisap nutrisi dari tanaman inangnya. Tumbuhan ini juga melepaskan bau busuk yang mengundang serangga. Serangga yang terjerat akan dicerna dengan cairan di bagian dalam bunganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pohon Darah

Pohon Darah

Pohon yang satu ini tampak normal. Namun, bila batangnya dibelah atau dipotong, batang pohon akan mengeluarkan getah kental berwarna merah darah. Hal ini yang membuat Pterocarpus angolensis kerap disebut Pohon Darah. Tanaman aneh ini banyak ditemukan di Afrika Selatan.

3 dari 6 halaman

Sundew

Sundew

Tanaman yang mempunyai nama latin Drosera glanduligera ini memang tampak menawan. Namun hati-hati, butiran air tersebut sebenarnya merupakan perangkap untuk serangga. Saat serangga menempel di salah satu ujungnya, serangga tersebut akan dibawa ke bagian tengah tanaman. Setelah berada di bagian tengah, bagian tanaman yang lain akan menarik tubuh serangga ke segala arah sampai hancur.

4 dari 6 halaman

Jemari Orang Mati

Jemari Orang Mati

Tanaman yang bernama latin Xylaria polymorpha ini benar-benar tampak menyeramkan. Tanaman yang tergolong jamur ini seperti jemari yang keluar dari dalam tanah. Seolah sesuai dengan namanya, makanan jamur yang satu ini adalah benda-benda yang sudah mati dan membusuk.

5 dari 6 halaman

Anggrek Monyet

Anggrek Monyet

Dari tampilannya saja sudah tampak mengerikan. Anggrek yang diberi nama Anggrek Monyet ini ditemukan di hutan hujan Ekuador dan Peru. Beberapa orang menyebutnya Anggrek Dracula karena bentuknya yang seperti mulut penghisap.

6 dari 6 halaman

Bibir Pelacur

Bibir Pelacur

Tanaman yang satu ini berbentuk seperti bibir berlipstik. Nama latinnya Psychotria elata, namun penduduk asal tanaman ini di Amerika Selatan lebih suka menyamakannya dengan bibir pelacur. Sebenarnya warna merah yang menyala dan menyerupai bibir merupakan cara tanaman tersebut untuk menarik hati burung-burung dan serangga yang akan membantu penyerbukan mereka.

Bagaimana menurut Anda? Menyeramkan atau justru lucu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini