Sukses

20 Kota Paling Berisiko Banjir, Bagaimana dengan Jakarta?

Tidak hanya Jakarta, kota-kota lain di seluruh dunia terancam kebanjiran. Seberapa parah banjir yang akan terjadi di Jakarta?

Citizen6, Jakarta Musim hujan telah tiba. Kota-kota besar dengan penghuninya yang padat segera akan melakukan rutinitas tahunannya: kebanjiran.

Tidak hanya di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang akan mengalami banjir.  Baru-baru ini para peneliti telah menentukan beberapa kota di dunia yang mempunyai risiko tinggi akan mengalami banjir.

Mereka mengumpulkan data dari 136 kota-kota yang dihuni lebih dari satu juta orang. Hal yang mereka perhatikan adalah tingkat distribusi populasi dan jenis-jenis perlindangan banjir yang dimiliki seperti tanggul.

Mereka kemudian mengkombinasikan dengan perkiraan kenaikan permukaan air laut,  tenggelamnya daratan karena menipisnya air tanah, serta proyeksi pertumbuhan penduduk dan perkiraan pendapatan produk domestik bruto (PDB) masyarakat. Dari data tersebut, mereka memperkirakan seberapa besar kerusakan yang diakibatkan oleh banjir yang melanda.  

Kota yang paling berisiko akan mengalami banjir adalah Guangzhou, China, lalu  Mumbai and Kolkata in India, Guayaquil, Ekuador and Shenzen, China.  Hampir semua kota yang mempunyai risiko kerusakan terbesar karena banjir adalah Amerika Utara dan Asia.

Berikut kota-kota yang beresiko terbesar akan mengalami banjir:

1. Guangzhou, China
2. Mumbai, India
3. Kolkata, India
4. Guayaquil, Ekuador
5. Shenzen, China
6. Miami, Florida
7. Tianjin, China
8. New York, N.Y
9. Ho Chi Minh City, Vietnam
10. New Orleans, La.
11. Jakarta, Indonesia
12. Abidjan, Ivory Coast
13. Chennai, India
14. Surat, India
15. Zhanjiang, China
16. Tampa—St. Petersburg
17. Boston
18. Bangkok, Thailand
19. Xiamen, China
20. Nagoya, Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

Video Terkini