Sukses

5 Aksi Pembobolan Sistem yang Gegerkan Dunia

Citizen6, Jakarta Kemajuan Teknologi kini memang mendorong orang untuk lebih bisa menjaga dari sistem yang dia bangun. Jika dilihat dari beberapa aksi pembobolan sistem yang terjadi di 2014 kemarin, serangan dan aksi pembobolan ini juga semakin canggih.

Aksi tersebut nyatanya mampuĀ mematikan sebuah bisnis. Terbukti, pada 2014 laluĀ Sony Pictures Entertainment menjadi salah satu korban para pembobolan sistem dimana mereka tidak hanya menginginkan data, namun juga ingin melenyapkan data yang ada.

Nah, berikut 5 aksi pembobolan sistem yang menggegerkan dunia. Berikut ulasannya:Ā 

1. Aksi pada Sistem RetailĀ 

Sebuah aksi serangan sempat menggegerkan dunia pada September dan Oktober 2014 lalu. Perusahaan Retail besar dunia mengumumkan bahwa sistem mereka telah dibobol, dan pada awal tahun 2014 kemarin Ebay pun mengumumkan dan meminta para penggunanya mengganti password untuk keamanan.

1 dari 5 halaman

Sony

2. Aksi Pembobolan Sony

Kasus baru-baru ini terjadi pada perusahaan Sony yang telah di bobol pada 24 November 2014 yang sempat membuat karyawan kebingungan karena tidak bisa masuk ke sistem komputer. Yang paling membuat geger dunia adalah daftar gaji 6 ribu karyawanya beredar di internet, dan data pribadi dari aktor dan praktisi yang pernah bekerjasama dengan Sony juga beredar luas.

2 dari 5 halaman

Maskapai Penerbangan

3. Aksi Pembobolan Maskapai Penerbangan

Aksi ini adalah peretas asal Tiongkok. Rusi, yang belum lama ini juga menggegerkan dunia atas serangan cyber dari Iran yang memang berhasil masuk ke sistem komputer maskapai komersial. Pebobolan ini juga berhasil masuk ke sistem pemuatan kargo hingga pengisian bahan bakar. Aksi pembobolan ini bisa mencuri foto, dokumen paspor dan identitas karyawan yang bisa dimanfaatkan untuk melewati pos pemeriksaan keamanan bandara.

3 dari 5 halaman

JPMorgan Chase

4. Aksi Pembobolan JPMorgan Chase

Aksi pembobolan terjadi pada JPMorgan Chase. Perusahaan tersebut dikenal dengan sistem keamanan cyber yang paling baik.Ā JPMorgan Chase bahkan telah menghabiskanĀ seperempat miliar dollar AS tiap tahun untuk sistem pertahananya.

4 dari 5 halaman

Heartbleed

5. Heartbleed

Heartbleed ini sempat membuat gempar dunia internet karena sebuah keamanan OpenSSL yang bisa ditembus. Para pembobol ini bisa mencuri data pribadi berupa informasi login hingga nomor kartu kredit. Heartbleed ini ditemukan pada situs web yang memakai OpenSSL dengan mengeplotasi celah heartbleed pada OpenSSL.(ule)

Pengirim:

Andri Purwanto

Ā ***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibacaĀ di sini

Artikel Selanjutnya
Serangan Siber di Venezuela, 7 Juta Warga Tak Bisa Pakai Ponsel
Artikel Selanjutnya
Hacker Cairkan Rp 1,9 Miliar Hasil Serangan WannaCry