Sukses

Sukses Hadapi MEA 2015 Bersama Komunitas Siswa Wirausaha

Kurangnya dana tak membuat para siswa ini menyerah, sambil sekolah mereka juga belajar berwirausaha untuk biaya sekolah.

Citizen6, Jakarta Siswa Wirausaha merupakan komunitas bentukan dari SMK ITACO Bekasi. SMK ITACO Bekasi merupakan sekolah kejuruan jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk siswa pra sejahtera dan Siswa Wirausaha merupakan komunitas wirausaha siswa untuk membantu mereka memenuhi biaya pendidikannya. Gerakan ini di inisiasi oleh Susi Sukaesih, SE seorang guru yang prihatin dengan masih banyaknya anak yang tidak mampu melanjutkan ke jenjang SLTA karena permasalahan biaya. Di bantu oleh beberapa orang tua asuh dan donatur, Susi memulai sekolah ini.
 
Berbekal modal beberapa komputer termasuk komputer sumbangan, selanjutnya mereka juga belajar wirausaha. Usaha pertama merka adalah mug printing. Usaha mereka kemudian bertambah yaitu jasa desain, pembuatan pin, menulis buku wirausaha, jasa entry data, jasa man power untuk event, servis komputer, admin sosial media, konten writer dan saat ini akan meluncurkan produk baru yaitu kaos anak berlabel “Pumpkidz”.

Dengan wirausaha juga, siswa dapat terus mendapatkan pendidikan formal dan tidak ada paksaan dari orang tua untuk keluar dan bekerja membantu mereka bahkan dengan wirausaha di sekolah, beberapa siswa sudah bisa membantu ekonomi keluarganya.
 
Mereka pun berusaha menyebarkan virus wirausaha ke pelajar dan masyarakat pada umumnya. Beberapa prestasi yang di peroleh antara lain Juara 2 Lomba Wirausaha dalam acara Guruku Education Festival, Juara Harapan 2 Lomba Website sekolah Kota Bekasi, Juara 1 Lomba Desain Logo Depelover Ilmu Berbagi dll.
 
Tanggal 10 Januari, komunitas Siswa Wirausaha akan mengadakan event Seminar Wirausaha bertema “Rahasia Sukses menghadapi MEA 2015”. Kegiatan ini bertujuan untuk fundrising sekaligus sarana belajar Siswa Wirausaha daam menyelenggarakan event seminar sekaligus memberi pengetahuan bagi masyarakat pentingnya mempersiapkan diri menghadapi MEA 2015.

Seminar tersebut akan laksanakan di Nicho Cafe Bekasi, dengan pemateri seperti : Budi G Sadikin (CEO Bank Mandiri), Natali Adrianto (Co-Founder Tiket.com), Laksita Utama Suhud (CEO Balai Kartini dan Penulis buku 10 Greatest Advertising Secrets), Tuhu Nugraha (Digital Marketing Expert dan Penulis buku WWW.HM Defining your Digital Strategy) dan Ibrahim Mochamad (Direktur Tuneeca).

 Info lebih lengkap mengenai seminar ini bisa dilihat di http://siswawirausaha.net
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.