Sukses

Eksotiknya Pulau-pulau dan Bangunan di Batam

Batam merupakan sebuah kota yang masuk ke dalam provinsi kepulauan Riau.

Citizen6, Jakarta Batam merupakan sebuah kota yang masuk ke dalam provinsi kepulauan Riau. Batam sendiri adalah sebuah pulau kecil dengan penduduk lebih dari 1 juta orang, pulau ini memang didesain oleh pemerintah sebagai pusat industri karena lokasinya yang strategis.

Pulau Batam hanya berjarak sekitar 20 Km dari Singapura dan sekitar 25 Km dari Johor, Malaysia. Karena lokasi ini pulalah kota Batam sering digunakan sebagai pintu masuk ke negara Singapura dan Malaysia oleh wisatawan Indonesia yang ingin menyebrang menggunakan kapal laut. Nah, jika Anda berlibur ke Batam ada beberapa tempat wisata nan indah dan eksotik yang dapat Anda kunjungi. 

1. Jembatan Barelang

Jika Jakarta punya Monas, maka Batam punya Jembatan Barelang. Jembatan inilah yang digunakan pemerintah sebagai ikon pada program visit batam 2010. Jembatan ini berjumlah 6 buah yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Nama Barelang sendiri adalah akronim Batam, Rempang, dan Galang. Pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh B.J Habibie yang merupakan Ketua Otorita Batam pada periode tahun 1978 sampai dengan 1998. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat akhir pekan. Beragam jajanan khas batam dijajakan di sepanjang jembatan, mulai dari gorengan seafood (udang goreng, kepiting goreng, cumi goreng) dan juga jagung bakar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2

2. Camp Vietnam

Anda ingin berwisata yang berbau sejarah? Tenang, Batam juga punya kawasan bersejarah yaitu camp Vietnam yang terletak di pulau Galang. Menurut sejarah, sejak tahun1975 hingga tahun 1996, kawasan ini dijadikan sebagai tempat pengungsian penduduk dari negara Vietnam. Di dalam kawasan camp Vietnam yang cukup luas ini terdapat sisa-sisa bangunan seperti barak, rumah sakit, pos polis, tempat karantina, gereja, pagoda, juga museum yang didalamnya banyak terdapat foto-foto pengungsi dan benda-benda antik peninggalan mereka. Karena penuh aura mistis, komplek ini hanya dibuka dari pagi hingga sore.

3 dari 5 halaman

3

3. Ocarina

Banyak orang beranggapan bahwa pariwisata di Batam hanya berupa pantai dan pusat perbelanjaan saja. Namun kini siapa sangka, Anda juga akan menemukan kawasan wisata lengkap yang memadukan Ancol, Waterboom dan Giant Wheel dalam satu lokasi.

Ya, kawasan itu bernama “Ocarina”. Terletak di tepian teluk kering dekat pusat kota Batam center dan pelabuhan Ferry International Batam. Ada banyak fasilitas rekreasi yang siap dinikmati pengunjung diantaranya Giant Wheel atau Kincir Raksasa, Kampoeng Indonesia (tempat jajanan), kampoeng seni, Jimbaran, Waterpark, beragam permainan anak dan ruang terbuka untuk bersepeda, pantai berpasir dan masih banyak lagi. Oh ya, disini Anda juga dapat menemukan 12 patung shio raksasa, lho.

4 dari 5 halaman

4

4. Pacific Palace Batam

Dimodel seperti kapal pesiar, Pacific Palace Hotel menjadi salah satu hotel yang berbangunan unik di Indonesia. Terletak tidak jauh dari pusat perbelanjaan Nagoya Citiwalk dan Harbour Bay International Batam, banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk sekedar makan dan ngopi di foodcourt sekitar hotel ataupun menikmati hiburan malam.

5 dari 5 halaman

5

5. Pulau Abang

Anda pecinta wisata bahari dan olahraga alam? Batam surga wisata bahari. Di Batam ada belasan pantai yang dapat Anda jumpai dengan keeksotikannya masing-masing. Namun, jika Anda ingin mencoba olahraga alam di pulau tersendiri Anda wajib berkunjung ke Pulau Abang, yang terletak di selatan Pulau Batam.

Keindahan bawah laut pulau Abang tidak kalah menarik dibanding Bunaken ataupun Raja Ampat. Pulau Abang juga kaya akan biota laut, terumbu karang dan ikan hias langka seperti teri hijau dan blue coral. Karena keindahan bawah laut yang sangat menarik ini tak heran jika Pulau Abang dijadikan sebagai tempat wisata bahari dan olahraga alam seperti diving dan snorkeling.(ule)

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika berlibur ke Batam. Jadi, masih berpikir Batam hanya sebagai tempat lalu lintas ke negara tetangga saja? 

Pengirim:

Resti Aprida Mulya
Undip Semarang

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini