Sukses

Wow Mahasiswa UII Jogja Bikin Mobil Berbasis Android

Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berhasil menciptakan sebuah mobil listrik berbasis android.

Citizen6, Yogyakarta Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berhasil menciptakan sebuah mobil listrik berbasis android. Tim yang berjuluk Ulil Albab Universitas Islam Indonesia ( UII ) ini menciptakan Mobil Listrik Android pertama di Indonesia bahkan dunia yang diberi nama “Mobil Listrik Kaliurang UNISI”sejak September 2013.

Berbeda dari mobil listrik karya mahasiswa yang sudah ada selama ini, mobil listrik Tim Ulil Albab dilengkapi dengan tablet android. Sedangkan perangkat Android disematkan ke kemudi mobil yang miliki fungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai serta entertain kendaraan. Jika pada mobil listrik lain dipasang panel instrumen dan kendali yang kompleks, mobil listrik ini digantikan hanya dengan satu tablet android.

"Berbagai panel instrumen yang biasanya dipasang tentu lebih ribet dan menambah berat mobil. Belum lagi karena terlalu banyak justru merepotkan driver. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang kami buat sendiri, speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, hiburan, dan fungsi lainnya ada dalam 1 alat Tablet Android selain itu juga seperti wifi, bluetooth, sistem global untuk komunikasi mobile, internet browser, tv analog, map, video/voice call, mp3 player, radio bahkan games.

Tak hanya sebagai pusat kendali, tablet android yang digunakan juga menjadi pusat komunikasi dan entertainment. Khusus sebagai entertain kendaraan, perangkat Android bisa dijadikan kelengkapan aksesoris mobil listrik berupa TV analog.

Spesifikasi Mobil Listrik Kaliurang UNISI memiliki dimensi panjang rangka utama 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, dan tinggi 1,2 meter. Komponen penggerak tenaga dari baterai tipe GS-NS60 12 volt dengan arus 45Ah. Bobot mobil 140 kg.Sistem kemudinya sendiri rack and pinion yang dengan ukuran roda sepeda motor metik. Sistem penggerak gunakan dua buah motor BLDC @ 1kW dan penggerak roda belakang RWD gunakan differential elektronika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Mobil Listrik Kaliurang UNISI telah mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Ke – VI di Bandung untuk yang pertama kalinya pada bulan September 2014 lalu. Hasil dari Kompetisi bahwa Tim Ulil Albab UII datang dengan kecanggihan Teknologi yang diciptakannya dan berhasil melakukan penemuan pertama dalam penelitian Mobil Listrik ini dengan mampu menciptakan Controller hasil buatan sendiri.

Sehingga banyak pengunjung dan dewan juri serta panitia yang banyak memberi apresiasi kepada Mobil Listrik Kaliurang UNISI. Selain itu juga keikutsertaan kami dapat membuka wawasan kepada seluruh pengembang Mobil Listrik di Indonesia bahwa Anak Indonesia itu mampu bersaing secara Global di bidang Teknologi tidak lagi hanya Assembly akan tetapi mampu menciptakan.

Kedepannya setelah ini ada beberapa proyek yang harus dilakukan oleh Tim Ulil Albab UII yang akan melibatkan berbagai pihak untuk melakukan kerjasama yang strategis baik Pemerintah, Industri dan Perguruan Tinggi. Proyek ini adalah lanjutan pembuatan pengembangan Mobil Listrik yang akan berkompetisi di Tingkat Internasional.

Tim Ulil Albab UII sedang merencanakan untuk dapat mengikuti Kompetisi Internasional yang bertajukFormula Students Automotive Engineer Japan( FSAE Japan). Karena Tim ini akan menjadi Tim Mobil Listrik pertama di Indonesia yang akan mengikuti Kompetisi Formula Students yang bergengsi tersebut di tingkat Internasional.

Oleh karena itu, Saat ini Tim Ulil Albab UII membuka peluang seluas – luasnya bagi para Investor, penyandang dana dan Sponsor untuk turut berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan program ini.

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik