Sukses

17 Rahasia Tiongkok Kuno untuk Hidup Sehat Bahagia Sampai Tua

Tiongkok sudah sangat terkenal dengan literatur kesehatannya. Banyak buku-buku yang menjadi pedoman hidup

Citizen6, Jakarta Tiongkok atau china sudah sangat terkenal dengan literatur kesehatannya. Banyak buku-buku kesehatan yang menjadi pedoman hidup orang Tiongkok sejak ribuan tahun lalu.

Beberapa buku tersebut diantaranya, Yi Jing, Huang Di Ne Jing (The Yellow Emperor Medical Book), buku Lao Zi, Dao De Jing dan lainnya.

Warga di sana yang bisa berumur sampai ratusan tahun. Apa rahasianya? Menurut buku-buku tersebut, untuk bisa mencapai hidup sehat, bahagia dan panjang umur, setiap orang harus melakukan pola hidup sehat.

Bukan saja masalah asupan makanan yang diperhatikan namun juga faktor emosi dan perasaan juga sangat berperan di sini. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan (nomor 9 ke atas sangat mengejutkan) :

1. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pola makan yang sehat adalah memperhatikan asupan yang berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Namun semuanya itu jangan berlebihan.

2. Mengatur pola makan yang benar

Penyakit adalah akumulasi dari apa yang kita makan setiap hari sepanjang hidup. Kualitas makanan jauh lebih penting daripada kuantitas. Pola makan yang sehat idealnya adalah 80% sayur dan 20 % protein

3. Hindari makanan berkalori tinggi

Terlalu banyak makan daging sapi, daging kambing, durian dan alkohol tidak bagus, karena akan menyebabkan kondisi ying dan yang tidak seimbang. Hal ini bisa menyebabkan tubuh akan sakit

4. Batasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Sebaiknya kita mengetahui kandungan kolesterol yang ada dalam makanan yang kita makan. Kolesterol sebenarnya penting, namun jika berlebihan akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini sangat berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

5. Hindari sifat emosional dan kondisi stres berkepanjangan

Menurut Immanuel Kant, amarah adalah kesalahan orang lain, kita menghukum diri sendiri.  Orang yang emosionalnya tinggi, sering marah-marah, hormonal adrenalin di dalam darah jadi meningkat, sehingga tekanan darah naik melebihi batas normal.

6. Menjalankan hukum yin yang

Seimbang. Kesehatan yang sempurna hanya bisa diraih dengan memelihara kesehatan fisik (yang) dan memupuk kebajikan dalam hidup spiritual (yin). Jika sudah bisa mencapai level ini kita akan bisa merasakan kebahagiaan dan harmoni

7. Olahraga teratur dan rutin

Fungsinya agar peredaran darah lebih lancar. Meditasi, yoga, bersepeda atau jalan cepat mampu memacu denyut jantung lebih efektif, fisik kita akan lebih sehat dan pikiran juga lebih jernih dan tenang

8. Biasakan banyak minum air putih

Gunanya adalah untuk mempertahankan cairan tubuh serta menghasilkan detoksisasi dengan cara ekonomis dan alamiah. Zat-zat kotor dari sisa hasil katabolik di dalam darah dibuang melalui keringat, saat buang air kecil dan air besar.

3 dari 4 halaman

2

9. Rendah hati dan tidak ingin menonjolkan diri

Menurut buku ini, orang yang panjang umurnya adalah orang yang tenang pikirannya, rendah hati, tidak banyak bicara. Mereka tidak suka menonjolkan diri, tidak mengeluh dan tidak suka menyalahkan orang lain. Dengan kata lain, panjang umur akan tercapai ketika orang mampu menciptakan ketenangan dan kedamaian.

10. Mengurangi egoisme dan hidup sederhana

Orang yang hidupnya sederhana, adalah orang yang tidak banyak keinginan, tidak tertarik pada hal duniawi secara berlebihan, tidak sombong dan memiliki pikiran yang tenang dan sederhana. Menurut Lao Zi, bagi orang yang sudah merasa cukup, hidupnya selalu bahagia.

11. Bersabar dan mau mengalah

Orang yang panjang umur selalu berpikir positif, sabar dan tenang dalam menghadapi persoalan. Orang  yang mau sabar dan mengalah, jiwanya menjadi tenang. Orang tersebut akan banyak kawan dan sedikit musuh.

12. Toleransi tinggi dan menerima apa adanya

Ada banyak hal kasus yang biasanya tidak berkenan di hati kita. Ini adalah realitas yang sebaiknya kita terima apa adanya tanpa mengeluh dan menyalahkan orang lain. Dengan berpikir demikian pikiran kita bisa menjadi tenang, jernih dan damai

4 dari 4 halaman

3

13. Hidup sesuai hati nurani

Salah satu cara untuk bisa berumur panjang adalah melakukan hal-hal yang sesuai hati nurani. Karena dengan melakukan hal yang tidak bertentangan dengan diri maka tak akan terbebani  perasaan bersalah sehingga hidupnya tenang dan tidak gelisah.

14. Suka memberi dan melayani

Berdasarkan penelitian, rata-rata orang yang suka memberi dan melayani akan berumur panjang. Seperti kata Konfusius, orang yang punya rasa cinta kasih, panjang umurnya. Pemberian tidak harus selalu dalam bentuk materi, yang diperlukan adalah sentuhan kasih sayang.

15. Kerja dan istirahat seimbang

Idealnya setiap orang perlu waktu 8 jam untuk tidur. Jika tidurnya kurang bisa ditambah dengan tidur siang satu atau dua jam. Kualitas tidur yang baik adala tidur nyenyak seperti bayi. Mereka yang banyak pikiran dan masalah dalam hidup memiliki kualitas tidur yang rendah, banyak mimpi buruk

16. Memiliki Keluarga yang rukun dan harmonis

Keluarga adalah surga yang sesungguhnya bagi hidup manusia. Jika suami isteri dan anak-anak saling mengasihi dan mau berkorban, keluarga akan menjadi harmonis dan menyenangkan.

17. Berilah kasih sayang dan berbaktilah kepada orang tua

Ini klise, namun orang berbakti dan mendampingi orang tuanya umumnya lebih sehat dan jiwanya lebih tenang damai daripada anak yang tidak mau berbakti. Orang yang mempunyai moralitas tinggi akan sangat mencintai dan sayang kepada orang tuanya.

 *Disarikan dari buku Rahasia Tiongkok Kuno untuk Hidup Sehat, Bahagia dan Panjang Umur tulisan Andri Wang

Bagaimana, setuju?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini