Sukses

Unik, Aksi 1.000 Orang Makan Sayur di Jogja

Banyak cara untuk menjadi sehat, salah satunya adalah makan sayur.

Citizen6, Yogyakarta Memperingati Hari Gizi dan Makanan 2015, Cita Sehat Foundation (CSF) melakukan aksi 1.000 orang makan sayur. Bertema “Ayo Makan Sayur”, kegiatan ini diadakan sebagai bentuk kepedulian CSF akan kondisi gizi masyarakat. Dengan adanya edukasi dalam kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi sayur meningkat.

Kegiatan diadakan selama empat hari di bulan Januari. Lokasi kegiatan tersebar di empat titik yakni di Dusun Jambidan, Dusun Karet, Dusun Glugo, dan Sorowajan. Lokasi tersebut dipilih sebab pada keempat lokasi tersebut terdapat Kebun Gizi Mandiri yang berhasil meraih penghargaan MDG’s Awards 2013, kategori nutrisi.

“Kami berupaya agar kesadaran masyarakat tidak hanya sampai pada kesadaran mengonsumsi sayur, tapi juga agar masyarakat mau menanam sayuran. Tak sekedar untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif, menanam sayur di kebun gizi atau pekarangan rumah pun dapat menjadi kegiatan produktif. Warga bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan akan sayuran dari lahan-lahan milik mereka sendiri,” terang Ratna Kusuma, Branch Head CSF Jogja, Selasa (20/01).

Saat ini, sehat cenderung identik dengan barang mewah. Tanaman organik, bebas pestisida, dibanderol di pasar-pasar swalayan dengan harga yang cukup menguras kantong. “Padahal jika kita mau berusaha sedikit lebih tekun saja, kita bisa mengonsumsi makanan sehat hanya dengan memetik di kebun gizi atau halaman rumah sendiri. Ayo makan sayur!” ajak Widya, Ketua PKK Desa Jambidan, Banguntapan, Bantul.

CSF adalah salah satu member of RZ (Rumah Zakat) yang bergerak di bidang pemberdayaan kesehatan. CSF menginisiasi beberapa program bersama RZ, di antaranya Mobil KLinik (MONIK), Siaga Sehat, Program Khitanan, Siaga Gizi Balita, Siaga Posyandu, Klinik Pratama Rawat inap RBG, Layanan Bersalin Sehat Keluarga (LBSK), serta Ambulance Gratis.

Pengirim:

Sari Asih Rahmawati
Twitter: @sariarahmawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.