Sukses

6 Negara dengan Kecelakaan Mobil Tertinggi

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan. Di negara mana paling sering terjadi kecelakaan maut?

Citizen6, Jakarta Di beberapa negara jumlah korban kecelakaan lalu lintas melebihi jumlah korban perang di era modern. Berikut negara dengan kecelakaan mobil di jalan raya paling tinggi seperti yang dilansir patch.com:

1. Amerika Serikat

Sebagai  negara terpadat ketiga dan merupakan salah satu negara yang paling maju memungkinkan setiap warganya mempunyai mobil.  

Volume lalu lintas yang tinggi cenderung mengakibatkan kecelakaan yang lebih tinggi pula. Dalam jumlah korban kecelakaan yang menyebabkan kematian, Amerika menduduki ranking pertama di dunia.  

Di negara paman sam ini, lebih dari 50.000 orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan lalu lintas. Dan setiap tahun terjadi  lebih dari 10 juta kecelakaan yang penyebanya kebanyakan karena pengemudinya mabuk.   

2. Belgia

Sebuah negara kecil di Eropa dengan populasi hanya 10,4 juta ini  memiliki tingkat tertinggi kedua dalam hal jumlah korban meninggal karena kecelakaan mobil. Rata-rata sekitar 104,5 dari  satu juta orang meninggal di jalan setiap tahunnya.

Salah satu penyebab kecelakaan tersebut selain jumlah penduduknya yang terlalu padat, juga dikarenakan para pengemudi di negara ini mempunyai reputasi mengemudi yang berbahaya.   

3. Australia

Meskipun negara ini cukup jarang penduduknya, Australia memiliki tingkat tinggi kecelakaan mobil yang menyebabkan kematian. Australia negara seukuran mirip Amerika Serikat berdekatan dengan penduduk, kurang dari sepersepuluhnya ini memiliki banyak jalan yang buruk terutama di daerah pedalaman.

Beberapa jalan yang berbahaya ini selain sangat panjang, lurus dengan tempat pemberhentian yang menyebar, sangat jauh satu sama lain. Hal ini menyebabkan  pengemudi ngebut yang akhirnya kelelahan.  Diperkirakan 10 dari 100.000 warga Australia meninggal dalam kecelakaan mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

4. Italia

Italia adalah produsen mobil sport yang dikenal di seluruh dunia dan tidak sedikit jumlah pembalabnya. Namun Italia juga negara dengan kecelakaan mobil tertinggi nomor empat di dunia. Sekitar 98 dari satu juta orang Italia meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan mobil .

Banyak kota-kota di dunia mengalami kemacetan, namun Italia dengan penduduknya yang menyukai kecepatan, menyebabkan situasi jalanan menjadi lebih berbahaya.

5. Kanada

Dengan wilayah yang luas, negara ini memiliki kepadatan penduduk yang tidak terlalu tinggi.  Situasi geografisnya menyebabkan negara ini mempunyai musim dingin yang sangat ekstrim.

Pada musim dingin, jalan-jalan menjadi licin dan badai salju juga biasa turun.  Di bagian utara misalnya, kondisi bersalju tersebut bisa bertahan sampai sekitar setahun. Sehingga tingkat kecelakaan di sini cukup tinggi, sekitar 9,6 dari 100.000 kematian berhubungan dengan kecelakaan kendaraan bermotor.

6. Irlandia

Statistik pemerintah menunjukkan bahwa sekitar satu dari empat kecelakaan fatal melibatkan setidaknya satu pengemudi yang mabuk karena mengkonsumsi alkohol. Sekitar 96,2 orang dari 1 juta penduduk meninggal karena mengemudi di sini.

Anehnya, survei menunjukkan bahwa pengemudi di sini mempunyai kesadaran mengemudi aman lebihi besar dibanding dengan di negara-negara Eropa.  Pada tahun 2006, Irlandia mulai melakukan tes alcohol wajib bagi pengemudi pengujian alkohol wajib yang menurunkan tingkat kecelakaan. Mayoritas pengemudi mendukung kebijakan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini