Sukses

Tempat Angker Terkenal Ini Dijadikan Wisata Mistis Lho

Legenda memang identik dengan cerita yang terkait erat dengan sebuah tempat.

Citizen6, Jakarta Legenda memang identik dengan cerita yang terkait erat dengan sebuah tempat. Legenda bisa berupa cerita berbentuk apa saja seperti halnya cerita-cerita yang berbau mistis. Khususnya bagi mayarakat Indonesia yang hingga kini masih kental dengan berbagai jenis hal-hal mistis, maka sudah pasti keberadaan akan legenda-legenda tempat mistis ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat kita.

Banyak sekali tempat-tempat legenda yang terkenal dengan berbagai hal berbau mistis yang tentunya hingga kini masih banyak menimbulkan berbagai cerita baru terkait dengan berbagai penampakan yang acapkali terjadi pada tempat tersebut.

1. Gua Jepang di Lembang, Bandung

Salah satu legenda tempat berhantu di Indonesia adalah yang berasal dari Bandung. Penjajahan yang dulu dilakukan oleh Jepang di Indonesia bukan hanya meninggalkan berbagai kisah kelam yang begitu menyedihkan serta keharuan yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, namun juga meninggalkan berbagai kisah misteri yang hingga kini masih melekat erat pada kisah tempat tersebut. Salah satunya adalah Gua Jepang di Lembang.

Konon, Gua Jepang di Bandung ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata, logistik, basis pertahanan atau tempat persembunyian dan juga sebagai salah satu tempat pembuangan, penampungan atau penyekapan dari para pribumi yang ditangkap oleh tentara Jepang. Mereka kemudian dijadikan sebagai para pekerja paksa yang disebut dengan istilah "romusha".

Sudah tidak terhitung lagi berapa pekerja yang telah tewas di lokasi ini. Dari banyak cerita, disebutkan bahwa tewasnya para pekerja paksa tersebut banyak diakibatkan dari penindasan yang begitu berat dan kejam. Semua bisa kita rasakan dengan kuatnya residual energi yang ada di sekitar area saat kita mulai memasuki kawasan yang saat ini telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata tersebut.

Suasana di Goa ini cukup menyeramkan karena minimnya cahaya yang masuk serta minimnya ventilasi udara yang ada. Pada tempat ini, seringkali terdengar secara samar-samar maupun secara jelas rintihan serta teriakan-teriakan misterius yang tidak ada wujudnya. Dengan suasana yang mistis serta berbagai kejadian yang mencekam tersebut, maka tidak heran jika gua ini mampu membuat bulu kuduk menjadi merinding.

2. Keraton Yogyakarta

Legenda tempat mistis berikutnya adalah Keraton Yogyakarta. Lokasi ini dianggap memiliki aura yang mistis yang sangat kuat terutama pada Bangsal Proboyeksa yang berada di belakang Bangsal Kencana.

Di tempat ini dipercaya terdapat makhluk-makhluk astral penjaga yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Salah satu hal yang dianggap aneh adalah setiap kali kamera ingin mengabadikan tempat tersebut selalu saja ada berbagai jenis gangguan seperti halnya kemunculan mata raksasa yang secara tiba-tiba muncul dari sesuatu yang kosong.

3. Lawang sewu

Tempat menyeramkan selanjutnya adalah Lawang Sewu. Lawang sewu sendiri merupakan salah satu tempat pariwisata yang populer dengan nuansa angkernya. Tempat ini pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan pada zaman penjajahan Belanda. Pemberian nama Lawang Sewu sendiri dikarenakan banyaknya pintu yang terdapat disana.

Ada salah satu ruangan yang konon legendanya merupakan salah satu tempat yang dulunya digunakan sebagai ruang penyiksaan yang kini seringkali terdengar suara-suara aneh berupa teriakan serta rintihan yang berasal dari area tersebut. Walau kini telah dilakukan renovasi, namun tempat ini masih juga mengeluarkan aura mistis. 

Pengirim:

Alca Mahameru

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.