Sukses

Waspadai Kondisi Tubuh ini Perlahan-lahan Bisa Membunuh

Tidak masalah jika Anda hidup hanya untuk bekerja, ingatlah beberapa bahwa pekerjaan bisa membunuh Anda pelan-pelan

Citizen6, Jakarta Pernahkah Anda merasa tidak enak badan saat bekerja? Atau Anda makin sering merasa stres saat bekerja? Nafsu makan Anda berkurang atau malah Anda makin banyak makan saat pekerjaan menumpuk? Hati-hati, pekerjaan Anda mempunyai cara-cara tertentu untuk membuat Anda mati perlahan.

Bukan menakuti, namun makin lama pekerjaan akan memberikan efek buruk yang berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Apa saja? Berikut 6 langkah pekerjaan membunuh secara perlahan menurut wmnlife.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

1. Pekerjaan menjadi penyebab Anda sakit

Pernahkah Anda mendengar tentang “Sick Buliding Syndrome”? Fenomena ini terjadi ketika para pekerja di kantor atau bangunan yang sama memiliki gejala penyakit yang sama, seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, pusing, tetapi dokter tak dapat menemukan penyakit tertentu. Hal ini sebenarnya terjadi karena Anda mulai tidak menikmati pekerjaan Anda.

Menurut penelitian, kebanyakan pekerja tetap masuk meski mereka sedang sakit. Hanya dalam kasus sakit yang parah mereka baru mau tinggal di rumah untuk beristirahat. Sebenarnya hal tersebut tak baik bagi kesehatan Anda dan rekan-rekan. Sebab ruangan tutup seperti kantor dapat membuat penyakit menyebar dengan cepat.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Anda makin lama makin gendut

Berada dalam posisi duduk sepanjang hari tak baik bagi metabolisme tubuh. Saat duduk, kalori yang terbakar sangat sedikit dibanding jika Anda beraktifitas. Akibatnya berat badan Anda bertambah dan meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga turut mengurangi kesempatan  hidupnya. Perempuan yang menghabiskan waktu untuk duduk sebanyak 6 jam per hari risiko kematiannya lebih tinggi 40% dibanding dengan yang duduk kurang 3 jam sehari.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Anda mulai sakit punggung, sakit bahu, dan sakit leher

Seseorang yang terlalu banyak duduk di kantor, akan gampang terserang penyakit kronis. Saat Anda terlalu banyak duduk, apalagi duduk dengan posisi yang kurang baik, Anda mesti mewaspadai tubuh Anda. Awalnya, hanya punggung yang sakit, lalu bahu, leher, dan pergelangan tangan. Hal demikianlah yang membunuh Anda secara perlahan. Pembengkakan dapat terjadi di tempat-tempat tersebut akibat sirkulasi darah yang tak lancar.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Penglihatan Anda mulai terpengaruh

Pernah mendengar “Computer Vision Syndrome?” Sindrom ini menyerang seseorang yang menatap layar komputer terlalu lama. Awalnya mata Anda akan merasa sakit dan kering. Lalu Anda mulai sakit kepala, bahu sakit, dan penglihatan Anda makin buram. Untungnya, gejala ini hanya bersifat sementara. Untuk tindakan preventif, biasakan istirahat setelah terlalu lama menatap layar komputer.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

5. Anda makin sering merasa stres

Para peneliti dari American Psychological Association menyebutkan bahwa banyak orang yang merasa mengalami stres dengan gejala yang sama. Rata-rata mereka menyebut pekerjaan sebagai penyebab utama stres mereka. Stres tersebut kemudian memengaruhi produktivitas mereka di tempat kerja. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyimpulkan bahwa risiko cedera dan penyakit berbanding lurus dengan stres akibat bekerja.

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Hubungan asmara Anda mulai rusak karenanya

Penelitian dari American Psychological Association menemukan bahwa sebanyak 61 % perempuan mengatakan bahwa stres akibat pekerjaan membuat hubungan asmara mereka berjalan buruk. Sedangkan untuk laki-laki, persentasenya lebih tinggi yakni 79%.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini