Sukses

7 Negara dengan Jumlah Tuna Wisma Terbanyak

Sampai hari ini masih banyak gelandangan, pengemis di berbagai kota di dunia. Kota mana saja?

Citizen6, Jakarta Menurut Komisi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, ada sekitar 100 juta orang kehilangan tempat tinggal di seluruh dunia. Ini adalah statistik yang  mengejutkan mengingat begitu banyak negara maju yang makmur. Berikut  7 kota dengan populasi tuna wisma terbanyak:  

1. Manila, Pilipina

7 Kota di Dunia dengan Populasi Gelandangan Terbanyak

Menurut data dari jumlah gelandangan dunia, Manila mempunyai populasi 22, 8 juta orang yang tinggal di pemukiman kumuh. Namun menurut laporan pemerintah Pilipina, 1, 2 juta  adalah anak-anak yang hidup dengan mengemis atau menjajakan dagangan di jalanan. Dari jumlah sebanyak itu, 70 ribu diantaranya berasal dari kota Metro Manila sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2

2. New York City
 
Pada tahun 2013, jumlah gelandangan yang tidur di jalanan  New York City diperkirakan telah mencapai lebih dari 60,000, 22,000nya adalah anak-anak.

Gelandangan di kota ini karena kurangnya inisiatif bantuan perumahan yang disediakan pemerintah daerah kepada para individu yang tidak punya rumah.

3 dari 7 halaman

3


3. Los Angeles, U.S.A.

Kota ini merupakan tempat yang mempunyai populasi gelandangan  terbesar di Amerika Serikat. Saat ini sebanyak 57,737 orang gelandangan ada di sini.  

4 dari 7 halaman

4

4. Moskow, Rusia

Ada sekitar 5 juta gelandangan di negeri ini. Dari jumlah itu, sebanyak 1 jutanya adalah anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan Moskow mempunyai populasi jumlah gelandangan terbanyak, 10 ribu sampai 50 ribu.  Masalah menjadi rumit ketika jumlah gelandangan terus bertambah namun tak ada campur tangan dari pemerintah  yang mengurusi masalah itu.  

5 dari 7 halaman

5

5. Mexico City, Meksiko

Sebanyak 40% dari total populasi di Meksiko hidup dalam garis kemiskinan. Menurut Non-Governmental Organizations (NGO) jumlah orang jalanan di kota ini berjumlah antara 15 ribu dampai 30 ribu orang.  

6 dari 7 halaman

6

6. Jakarta

Ibu kota negara Indonesia tercinta ini menurut sensus pada tahun 2000, terdapat sekitar 28,364 gelandangan yang tinggal di Jakarta.  Jumlah ini terus bertambah karena sering terjadinya bencana misalnya banjir dan badai. Sungguh menyedihkan.

7 dari 7 halaman

7

7. Mumbai

Pada tahun 2003, terdapat sekitar 23 juta gelandangan di India. Jumlah itu terus bertambah  meskipun pemerintah telah melaksanakan program untuk mengurangi jumlah gelandangan tersebut. Di Mumbai saja, ada sekitar 25.000 orang yang tidur di jalanan setiap malam .

Sumber: http://list25.com/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini