Sukses

Bambang Widjojanto Dilepaskan, Tagar #SaveKPK Masih Digaungkan

Melihat adanya upaya pelemahan terhadap KPK, masyarakat yang tergabung dalam forum, kelompok, termasuk kalangan buruh berkumpul di gedung KP

Citizen6, Jakarta Sepekan jelang 100 hari pemerintahan Jokowi, tagar #SaveKPK kembali menjadi trending topic dunia pada hari Jumat, 23 Januari 2015. Kurang lebih enam jam setelah berita penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Polri, sekitar pk 07.30 WIB, #SaveKPK langsung muncul di puncak trending topic dunia. Selain itu, ada pula frase KPK vs Polri di 10 besar trending topic dunia.
 
Awesometrics menangkap dalam sepekan hingga Senin, 26 Januari 2015, ada lebih dari 415.000 mention soal #SaveKPK, 99 persen dari Twitter. Dari total mention tersebut, 252.700 adalah jumlah mention di hari Jumat saja, dimana 99 persen juga dari twitter. Dengan kata lain, pada hari Jumat itu saja, ada 152 status bertanda tagar #SaveKPK dalam setiap menit di twitter.

Jika dilihat pada komparasi kata-kata kunci yang menjadi trending topics, #SaveKPK adalah tertinggi di hari itu.


 
Sejak Budi Gunawan ditunjuk menjadi calon Kapolri, lalu ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, media sosial mulai mengamati perkembangan isu, sekaligus ikut menjaga KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi, dan juga ikut mengawasi Polri. Netizen pun tak tinggal diam tatkala mendengar kabar penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, di media massa. Netizen menganggap menyelamatkan elemen KPK sama dengan #SaveKPK. Avatar sebagian akun pun diganti wajah Bambang Widjojanto.

Melihat adanya upaya pelemahan terhadap KPK, masyarakat yang tergabung dalam forum, kelompok, termasuk kalangan buruh berkumpul di gedung KPK, Kuningan pada Jumat siang lalu. Ajakan berkumpul ini disebarkan ratusan kali di media sosial. Tidak hanya orasi, suara mereka pun dishare di media sosial dengan tagar #SaveKPK.

Sehari sebelum Bambang Widjojanto ditangkap, netizen sudah dikejutkan dengan dugaan pelanggaran etik oleh Ketua KPK Abraham Samad. Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyantomenuding Samad telah melakukan lobi politik demi menjadi cawapres pasangan Jokowi. Berikut jam-jam dimana percakapan media sosial tentang Bambang Widjojanto paling tinggi, pada Jumat lalu.

Tak lama setelah berita penangkapan BW, media sosial langsung berkicau, puncaknya pk 11.00-an:

 

 

 

Bambang Widjojanto adalah Sugianto Sabran, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan yang juga merupakan mantan calon Bupati Kotawaringin Barat, Kalteng.

Netizen pun beropini bahwa slogan lama mundul kembali, yakni Cicak vs Buaya, ditambah KPK vs Polri, dan keduanya juga menjadi trending topic. Melihat sepekan ini, “KPK vs Polri” lebih banyak dipakai netizen dan media online.

Penulis:

Tantri Yustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini