Sukses

Ngeri, Jakarta Kota Paling Tak Aman di Dunia

Jakarta yang juga ibu kota Indonesia masuk dalam deretan kota yang memiliki kemanan terendah di dunia.

Citizen6, Jakarta Masyarakat Indonesia khususnya yang berdomisili di Jakarta saat ini sedang ketar-ketir dengan beredarnya kabar bahwa Jakarta masuk dalam salah satu kota yang tidak aman di dunia.

Hal tersebut diketahui berkat hasil riset yang dilakukan oleh The Economist Intellegence Unit (EIU) untuk mengetahui kualitas keamanan 50 kota di dunia. Survei tersebut akhirnya menghasilkan indeks kota teraman dan tidak aman di dunia yang diberi nama "The Economist's Safe Cities Index".

Pemberitaan itu pun langsung mendapat sorotan publik di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pasalnya Jakarta yang juga ibu kota Indonesia masuk dalam deretan kota yang memiliki kemanan terendah di dunia. Mendengar kabar tersebut publik pun langsung merespons dengan beragam komentar di sosial media.

Pantauan Citizen6 di linimasa Twitter, terlihat banyak onliner yang sudah tak kaget lagi ketika Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota yang tidak aman di dunia. 

 

 

 

 

 

 

Dalam riset tersebut terlihat 50 kota dipilih berdasarkan luas wilayah dan ketersediaan data. Data-data tersebut kemudian diperingkatkan berdasarkan lebih dari 40 matriks yang terbagi dalam empat kategori utama: keamanan digital, jaminan kesehatan, kualitas infrastruktur dan keamanan pribadi.

Dari kategoti utama tersebut, Tokyo dan Singapura lah kota dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Pada 10 peringkat teratas, tercatat ada kota-kota di Eropa, Australia dan Amerika. Dan adapula kota yang mendapat peringkat rendah dari 4 kategori utama penilaian, seperti Riyadh, Arab Saudi yang berada di peringkat 46, Vietnam Teheran, Iran di peringkat 49 dan Jakarta, Indonesia berada di peringkat ke 50.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.