Sukses

10 Jenis Kanker yang Umum Menyerang Manusia

Ketahui jenis-jenis kanker yang kerap menyerang lalu ambil tindakan pencegahan terhadapnya.

Citizen6, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi kasus kanker di Indonesia akan semakin tinggi pada tahun 2030. Tak hanya itu, diprediksi akan terjadi peningkatan kasus kanker sebanyak 200-300 persen secara global. Untuk itulah, tiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. 

Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan penyakit kanker. Kanker sebenarnya dapat dihindari apabila pola gaya hidup sehat dilakukan oleh tiap orang. Sebelum itu, apakah Anda tahu apa saja jenis kanker yang kerap menyerang manusia? Berikut jenis-jenis kanker yang sering menyerang dilansir dari listdose.com

1. Kanker Endometrium

Merupakan jaringan yang tumbuh di luar rahim. Padahal seharusnya jaringan endometrium melapisi dinding rahim. Kanker ini tumbuh pada ovarium, tuba falopii, dan saluran menuju vagina. Kanker endometrium bukanlah penyakit akibat hubungan seksual. Perempuan muda atau tua dapat terkena penyakit ini.

Pada tahun 2012, terdapat 320.000 orang penderita kanker endometrium di dunia dan menyebabkan 76.000 kematian. Penyakit ini kebanyakan ditemukan dalam saluran reproduksi perempuan di negara berkembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2-4

2. Kanker Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang ada di dalam tubuh dan mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Apabila hormon yang diproduksi berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, akan menyebabkan penyakit kanker tiroid.

3. Kanker Kandung Kemih

Merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan abnormal sel kanker pada kandung kemih. Ada tiga tipe kanker kandung kemih, yaitu karsinoma sel transisional, karsinoma sel gepeng, serta adenokarsinoma. Kanker jenis ini sebagian besar disebabkan merokok serta kurangnya minum air setiap hari. Studi WHO pada tahun 2008 menyebutkan buah dan sayuran tertentu dapat mengurangi risiko kanker ini.

4. Kanker Kulit

Merupakan pertumbuhan sel-sel kulit pada taraf abnormal. Kanker jenis ini umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal, dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh pada lapisan paling luar kulit sehingga dapat terlihat dari luar. Kebanyakan kasus akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

3 dari 4 halaman

5-7

5. Kanker Kolorektal

Disebut demikian karena merupakan kanker yang menyerang usus besar (kolon) dan anus (rektum). Penyakit ini menjadi kanker paling mematikan nomor dua. Kanker jenis ini dapat terjadi akibat pola makan yang buruk, merokok, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi alkohol dan wine, serta daging olahan. Pada tahun 2012 kanker ini mengakibatkan 1,4 juta kasus baru dan membunuh 649.000 orang.

6. Kanker Darah

Biasa disebut leukimia. Merupakan kanker pada darah atau sumsum tulang yang ditandai dengan perbanyakan secara tak normal sel-sel darah putih. Gejala penyakit ini adalah kelelahan, pendarahan, juga memar di banyak bagian tubuh. Pada tahun 2000, terdapat 256.000 anak dan orang dewasa di seluruh dunia yang menderita leukimia dan 209.000 orang di antaranya meninggal.

7. Kanker Paru-paru

Ditandai dengan pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel dalam jaringan paru-paru. Penyebab paling umum dari jenis kanker ini adalah paparan asap tembakau, pengembangan genetik, paparan radon, asbes, dan polusi udara. Kanker paru-paru telah menyebabkan kematian sekitar 1,56 juta kematian di seluruh dunia. Gejalanya adalah batuk darah, sesak napas, nyeri dada, kesulitan menelan, nyeri tulang, juga kelelahan.

4 dari 4 halaman

8-10

8. Kanker Prostat

Merupakan penyakit kanker yang berkembang di prostat, yakni kelenjar pada sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang di luar kendali. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi, dan gejala lainnya. Kanker prostat jarang terjadi pada pria Asia dan lebih banyak menyerang pria kulit hitam serta orang Eropa.

9. Kanker Payudara

Adalah kanker pada jaringan payudara yang umum diderita kaum perempuan. Meski begitu, para pria juga dapat mengidap penyakit ini meski kemungkinannya kecil. Kanker payudara biasanya terdeteksi saat benjolan terasa di payudara bila disentuh. Kanker payudara banyak terjadi pada negara-negara maju dibanding negara berkembang.

10. Kanker Ginjal

Adalah kondisi medis yang ditandai dengan kelainan pertumbuhan dari sel-sel kanker pada ginjal. Terdapat tiga tipe kanker ginjal, yaitu: karsinoma sel ranal, karsinoma sel transisional, serta tumor Wilm.

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko kanker ginjal adalah merokok, penggunaan rutin ibuprofen dan naproxen, obesitas, gen yang rusak, terinfeksi hepatitis C, dan pengobatan sebelumnya untuk testis atau kanker leher rahim.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.