Sukses

4 Makanan Lezat Penyebab Perut Kembung

Beberapa makanan lezat bisa membuat perut kita tidak nyaman. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Perut kembung tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika Anda termasuk orang yang sibuk dan mempunyai jadwal yang padat. Perut kembung tak hanya dapat terjadi karena masuk angin. Beberapa makanan sebenarnya juga dapat membuat perut kembung.

Lalu, makanan apa saja yang dapat membuat perut kembung? Berikut empat makanan penyebab perut kembung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1


1. Apel

Buah ini adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain mengandung banyak serat dan vitamin A, kandungan protein, gula, dan vitamin C dalam apel juga bisa menjadi sumber manfaat bagi tubuh.

Namun buah apel ternyata dapat membuat perut kembung. Apabila dimakan dalam jumlah banyak, maka lambung akan sulit
mentolerir asam dari buah apel. Buah lain yang berpotensi sama, ialah pir, persik, dan prem.

3 dari 5 halaman

2


2. Produk susu

Untuk beberapa orang, susu sapi dan beberapa produk olahan lainnya adalah penyebab perut kembung. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka dapat dipastikan bahwa Anda adalah seseorang yang alergi terhadap laktosa, kandungan
yang terdapat dalam susu sapi.

Keadaan ini berarti bahwa tubuh kekurangan enzim pencerna laktosa yang membuat produksi gas meningkat dan perut menjadi
kembung. Jika ingin mengkonsumsi makanan dan minuman berbahan dasar susu, pastikan membeli yang bebas laktosa, atau ganti ke susu kedelai, yang lebih aman untuk Anda.

4 dari 5 halaman

3



3. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa raffinose, kandungan gula yang tidak mudah dicerna oleh lambung. Zat sisa dalam lambung tersebut, kemudian memicu produksi gas lambung yang berlebih dan membuat perut menjadi kembung dan terlihat buncit.

5 dari 5 halaman

4



4. Makanan asin

Kandungan sodium dalam garam, jika berada di dalam tubuh mampu meningkatkan jumlah air. Hal inilah yang kemudian membuat perut terasa kembung. Anda bisa menyiasatinya dengan meminum banyak air putih setelah mengkonsumsi makanan super asin. Hal tersebut bisa menyeimbangkan kadar air dalam tubuh, terutama dalam perut.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.