Sukses

5 Pelajaran yang Dapat Diambil dari Kegagalan PDKT

Gagal PDKT? Jangan bersedih. Sebenarnya ada pelajaran yang bisa Anda ambil darinya. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Masa pendekatan atau PDKT adalah masa-masa yang melelahkan. Berbagai cara dilakukan agar dapat menarik perhatian orang yang Anda suka. Anda tentu tak ingin cinta Anda bertepuk sebelah tangan bukan?

Namun masalah hati memang merupakan rahasia. Terkadang, setelah segala macam usaha yang Anda lakukan untuk meluluhkan hatinya, ternyata tetap tak berhasil. Anda merasa PDKT yang Anda lakukan gagal dan frustasi karenanya. 

Padahal ada banyak pelajaran yang dapat Anda ambil dari kegagalan PDKT tersebut. Berikut 5 pelajaran yang dapat Anda ambil dari kegagalan PDKT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

1. Belajar empati

Kencan yang gagal biasanya karena salah satu pihak berusaha terlalu keras sedangkan pihak yang lain terlalu pasif menanggapinya. Meski mungkin Anda tidak menyukai keburukan-keburukannya, cobalah berempati dengan hal tersebut. Bila usaha PDKT yang Anda lakukan mengalami kegagalan, setidaknya Anda telah belajar berempati dengan keburukannya tersebut. Hal tersebut akan memudahkan Anda saat mencoba menjalin hubungan dengan orang baru. 

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Melihat ke belakang

Terkadang, Anda perlu berpisah dengan seseorang yang istimewa untuk menyadari betapa beruntungnya Anda pernah mendapatkannya. Apabila usaha PDKT yang Anda lakukan gagal, jangan terlalu bersedih. Cobalah ingat-ingat lagi usaha PDKT pada orang lain yang pernah Anda lakukan.

Tidak selamanya buruk, bukan? Tentu ada beberapa yang berhasil. Nah, karenanya Anda tak perlu terlalu bersedih jika PDKT yang kali ini mengalami kegagalan.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Praktek

Membuka hati seseorang memang tak mudah. Mungkin Anda bisa membeli banyak buku panduan meluluhkan hati, namun pada kenyataannya hati tetaplah sebuah rahasia. Katakanlah usaha pendekatan yang Anda lakukan kali ini gagal. Toh setidaknya Anda telah mencoba?

Dan itu berarti Anda belajar dari praktek pendekatan yang Anda lakukan. Sebagaimana yang orang katakan, semakin sering Anda berlatih, Anda akan semakin lihai dalam suatu hal. Mungkin dengan penolakan tersebut, Anda terlatih untuk bersikap tegar.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Percaya diri

Mendekati seseorang yang disukai membutuhkan nyali yang besar. Tak mudah menaklukkan jantung yang berdebar, muka yang memerah, maupun mulut yang gugup berbicara saat berusaha mendekatinya. Anda harus percaya diri terlebih dahulu untuk melakukannya.

Namun bila Anda mengalami penolakan, tak masalah. Bukankah Anda telah mengerahkan kemampuan kepercayaan diri yang mungkin tak pernah Anda sadari selama ini. Kepercayaan diri tersebut adalah modal bagi Anda untuk mencoba PDKT dengan orang yang lain.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Evaluasi

Bolak-balik melakukan pendekatan, tapi selalu kandas? Jangan putus asa dan mengeluh. Masih banyak orang baik di luar sana. Yang seharusnya Anda lakukan adalah mengevaluasi diri Anda. Coba Anda ingat-ingat kembali, apa yang salah dengan usaha pendekatan Anda selama ini. 

Cobalah kenali pola kencan mana yang sering gagal. Apakah harapan Anda selama ini sudah realistis? Mungkin, ini saatnya mendekati seseorang yang sama sekali di luar selera Anda?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini