Sukses

Seperti Apa Perayaan Imlek di Hongkong?

Imlek atau perayaan tahun baru China di Indonesia jatuh pada hari Kamis, 19 Februari 2015.

Citizen6, Jakarta Imlek atau perayaan tahun baru China di Indonesia jatuh pada hari Kamis, 19 Februari 2015. Perayaan ini sebelumnya dilarang dilakukan di tempat umum. Baru pada pemerintahan Gus Dur, masyarakat Tionghoa di Indonesia bebas merayakannya.

Kemana akan merayakan malam tahun baru ini? Di Hongkong, perayaan tahun baru berbeda dengan yang dilakukan oleh china daratan. Momen penting ini ditandai dengan menggabungkan kebiasaan kuno dan modern, diantaranya parade tiga hari tiga malam, pesta kembang api dan balapan kuda.

Hal ini yang menjadikan perayaan imlek di Hongkong menjadi event berkelas dunia. Perayaan tahun baru China di Hongkong termasuk salah satu dari 10 festival terbaik versi Forbes. Festival ini setara dengan Octoberfest di Jerman dan Karnaval di Brasil. Lonely Planet pun juga menjadikan festival ini sebagai festival top dunia yang harus dikunjungi.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke festival ini tanggal 19 februari-21 Februari karena pada hari itu ada parade besar di jalan-jalan Tsim Sha Tsui .

Pada hari pertama ini, massa berbaris di sekitar Tsim Sha Tsui di dekat pelabuhan Victoria. Kemungkinan akan diadakan parade kambing karena tahun inin adalah tahun kambing kayu.

Seperti dilaporkan chinahighlights.com, pesta kembang api  dan balap kuda yang mengesankan diadakan pada 20 Februari. Di sini pengunjung bisa berbelanja di salah satu mal paling mewah di dunia. Selain itu festival ini juga akan dimeriahkan oleh para band lokal.  Mereka menyusuri jalan-jalan seperti Nathan road yang bersejarah, Canton  Road dan haipong Road.

Tahun 2014 lalu, puluhan perusahaan berpartisipasi dalam acara ini denegan menampilkan kelompok penari, pemain acrobat, marching band, para skates dan juga biker dari berbagai negara. Hal ini menunjukkan bahwa Hongkong adalah kota Internasional.

Hari kedua, di pelabuhan Victoria diadakan pesta kembang api raksasa yang telah dirancang dengan koreografi tertentu. Pada saat yang sama, lampu-lampu gedung yang penuh warna dan sinar laser menjadi bagian dari pertunjukan cahaya yang digelar semalaman.

Hari ketiga, kurang lebih 100,000an penggemar pacuan kuda menuju  ke Sha Tin Racecourse. Ini adalah acara pacuan kuda paling populer di Hongkong.  Saat itu, kelompok amal, Jockey Club akan menampilkan program perayaan tradisional yang penuh warna

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini