Sukses

Garung, Desa Mandiri Energi dari Kotoran Sapi

Limbah kotoran sapi di desa-desa di Jawa Timur, selama ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal sebenarnya limbah kotoran sapi

Citizen6, Jakarta Limbah kotoran sapi di desa-desa di Jawa Timur, selama ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal sebenarnya limbah kotoran sapi ini sangat berpotensi untuk menghasilkan energi jika kita tahu bagaimana mengolahnya.

Seperti yang terjadi di desa Garung, Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan Jawa Timur ini.  Di kampung ini, beberapa mahasiswa Universitas Brawijaya Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan mahasiswa ini berlangsung pada tanggal 5 sampai dengan 9 Februari. Salah satu program yang dibuat adalah memberikan wawasan tentang bagaimana memanfaatkan kotoran sapi menjadi lebih bermanfaat,

Kepada warga, mahasiswa menjelaskan bahwa, kotoran sapi dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi biogas, pupuk serta pakan ikan. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat desa Garung lebih bijak memanfaatkan limbah yang ada di daerahnya yang berupa kotoran sapi.

Warga desa Garung mayoritas memiliki sapi, hampir setengah keluarga dari 500 KK memiliki ternak sapi, Permasalahan yang dihadapi adalah masih belum termanfaatkan kotoran sapi sehingga kotoran tersebut menimbulkan polusi baik udara, tanah maupun estetika.

Program mahasiswa ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa Garung akan teknologi. Biogas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk memasak, menyalakan lampu listrik ataupun penerangan dan hasil slurry biogas dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan pakan ikan.

Sehingga beberapa kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan program ini. Program ini diharapkan juga menjadi pelopor dalam memanfaatkan limbah dan menjadi percontohan desa mandiri energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.